Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsol Game Genggam Digerus Smartphone dan Tablet

Kompas.com - 12/06/2012, 16:18 WIB

KOMPAS.com – Penjualan perangkat game mobile, seperti Nintendo 3DS dan Sony Playstation Vita mengalami penurunan akibat Smartphone dan Tablet. Demikian yang diungkapkan melalui penelitian dari ABI Research, badan riset yang berkecimpung di bidang konektivitas dan teknologi.

Menurut ABI Research, bukti tren penurunan penjualan perangkat game mobile tersebut terlihat dari perkiraan penjualan sebanyak 38 juta unit handheld pada 2013. Angka tersebut sangat jauh dari jumlah sebesar 47 juta unit pada 2008. Sedangkan jumlah penjualan tablet dan smartphone terus meningkat.

Banyak faktor yang disebutkan memengaruhi penurunan minat tersebut. Salah satunya, kemudahan membeli game di tablet dan smartphone serta harganya yang jauh lebih murah.

”Perangkat mobile akan bersaing dengan perangkat handheld gaming. Namun, kelompok konsumen tertentu seperti gamer dan orang yang tidak ingin menggunakan atau tidak punya perangkat mobile (tablet dan smartphone) akan tetap memilih perangkat gaming handheld,” ujar Michael Inouye, analis senior dari ABI Research.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com