Kompas.com - 13/06/2012, 10:10 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com - Apple menyatakan tak lagi menggunakan data dan layanan peta digital Google Maps pada sistem operasi mobile iOS versi 6. Kini Apple merangkul TomTom sebagai penyedia data pemetaan digital untuk iOS.

Dalam siaran pers yang diterima KompasTekno, Selasa (12/6/2012), pihak TomTom mengumumkan bahwa perusahaannya adalah salah satu penyedia data utama dalam peta digital untuk sistem operasi iOS.

"TomTom telah menandatangani perjanjian global dengan Apple untuk peta dan informasi terkait. Tidak ada rincian lebih lanjut yang akan diberikan dari perjanjian tersebut," demikian isi siaran pers tersebut.

Perusahaan asal Amsterdam, Belanda ini, terbilang pemain lama dalam bisnis peta digital sejak 1991. Peta TomTom mencakup lebih dari 35 juta kilometer persegi secara global, di 200 negara dan wilayah.

Dikutip dari situs teknologi The Verge, TomTom adalah satu-satunya perusahaan yang mendapat merek penuh pada aplikasi peta digital di iOS. Bila dilihat di menu setting, dengan jelas terlihat bahwa data berasal dari TomTom.

Sedangkan pada daftar atribusi, baru nampak beberapa perusahaan lain yang berpartisipasi menyediakan layanan peta di iOS. Yang jelas, di sana tak ada lagi nama Google.

Untuk rendering peta 3D, Apple mempercayakannya pada C3 Technologies, sebuah perusahaan yang telah diakuisisi Apple pada 2011 lalu. Dan tak lupa, ada OpenStreetMap yang menyediakan data untuk aplikasi iPhoto di iOS sejak awal tahun 2012.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.