Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Iran Dilarang Menonton Piala Eropa

Kompas.com - 13/06/2012, 13:23 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Polisi di Teheran, Iran, menyegel sebuah bioskop yang melanggar larangan polisi untuk menjual tiket pemutaran pertandingan Piala Eropa kepada perempuan. Demikian dilaporkan kantor berita ISNA, Senin (11/6/2012).

”Zendegi Cinema Complex disegel setelah menjual tiket untuk perempuan. Bioskop hanya diperbolehkan menjual tiket pemutaran film untuk laki-laki,” kata salah seorang petugas polisi seperti dikutip ISNA.

Petugas di bioskop tersebut membenarkan adanya penutupan tanpa menjelaskan secara detail. Penutupan dilakukan setelah Bahman Kargar, Deputi Komandan Polisi Bidang Hubungan Sosial, menyatakan perempuan di Iran dilarang menonton pemutaran pertandingan Piala Eropa secara langsung karena lingkungan yang tidak pantas di mana laki-laki sangat gaduh dan kasar.

”Laki-laki saat menonton sepak bola sangat gembira dan kadang-kadang mengucapkan kata-kata kasar atau candaan jorok,” katanya, Minggu (10/6/2012).

Keputusan itu, kata Kargar, untuk menegakkan martabat perempuan. Menurut dia, perempuan pun harus berterima kasih kepada polisi dengan adanya larangan tersebut. (AFP/UTI)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com