Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Pameran Filateli

Prangko Kuno Akan Diadu di Sini

Kompas.com - 13/06/2012, 13:30 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sesuatu yang langka pada umumnya memang sering diburu orang, tak terkecuali prangko. Dalam ajang pameran filateli tingkat duni pada 18-24 Juni 2012 di Jakarta mendatang, para penggemar barang-barang pos akan saling beradu kelangkaan benda koleksi mereka.

Direktur Ritel dan Properti PT Pos Indonesia, Setyo Riyanto, menjelaskan dalam kejuaraan filateli ini yang dinilai bukan sekadar langka dan tahun dicetaknya prangko, tetapi lebih difokuskan pada cerita yang terdapat dalam perangko tersebut.

"Tidak semata menilai kelangkaan atau usia prangko itu, tapi lebih kepada cerita apa yang ada di baliknya," kata Setyo dalam jumpa pers pameran filateli dunia, di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Rabu (13/6/2012).

Dikatakannya, kompetisi lomba juga akan dibagi ke dalam beberapa kategori sesuai dengan jenis dari gambar prangko yang diikut sertakan. Selain itu, penilaian dewan juri yang berasal dari juri internasional juga akan sangat ketat, salah satunya memastikan keaslian prangko tersebut.

"Tentu dibedakan, prangko flora dan fauna, atau prangko kebudayaan dan lainnya," ucap Setyo.

Para peserta yang memenangi kompetesi ini akan diganjar medali emas berlabel world stamp championsip- Indonesia 2012.

Mengambil tema "Bringing to the World of Peace Through Stamp, pameran filateli dunia tahun ini akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC). Dalam pameran itu, tercatat lebih dari 70 negara sebagai peserta pameran dan akan menampilkan lebih dari 2.522 frame.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com