Siri Akan Sapa Pengemudi Sembilan Merek Mobil

Kompas.com - 13/06/2012, 14:15 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Saat pembukaan World Wide Developer Conference (WWDC) 2012 di San Francisco hari Senin (11/6/2012) waktu setempat, diperlihatkan daftar sembilan produsen mobil yang akan mengintegrasikan software Siri buatan Apple pada produk-produknya.

Ssembilan produsen mobil tersebut adalah BMW, Audi, Chrysler, Honda, General Motors, Jaguar,  Land Rover, Toyota, dan Mercedes.

Sebuah slide menunjukkan iPhone yang terpasang di dashboard untuk mengilustrasikan pendekatan "Eyes Free" dari integrasi tersebut. Siri diasumsikan bisa dipanggil lewat tombol-tombol di bagian stir mobil.

Siri adalah software asisten pribadi pada perangkat Apple iPhone yang sanggup memahami kata-kata  dalam percakapan dan bisa melakukan hal-hal yang diperintahkan pengguna seperti mengirim sms,  membuat panggilan, dan lain-lain.

Mercedes sudah mengumumkan rencana untuk mengintegrasikan siri di produk all-new A-Class yang akan diluncurkan di Eropa tahun ini.

Meskipun termasuk unggul dalam teknologi mobil, Ford absen dari daftar. Hal tersebut disinyalir karena produsen yang bersangkutan memakai teknologi Microsoft dalam teknologi voice-recognition "SYNC" di mobil buatannya.

Produsen besar lain yang juga absen adalah Hyundai dan Kia.

Apple belum menjelaskan bagaimana Siri akan diimplementasikan oleh para produsen mobil, termasuk bagaimana cara menghindari konflik dengan fungsi voice recognition yang sudah ada pada beberapa produk.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.