Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siri Akan Sapa Pengemudi Sembilan Merek Mobil

Kompas.com - 13/06/2012, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Saat pembukaan World Wide Developer Conference (WWDC) 2012 di San Francisco hari Senin (11/6/2012) waktu setempat, diperlihatkan daftar sembilan produsen mobil yang akan mengintegrasikan software Siri buatan Apple pada produk-produknya.

Ssembilan produsen mobil tersebut adalah BMW, Audi, Chrysler, Honda, General Motors, Jaguar,  Land Rover, Toyota, dan Mercedes.

Sebuah slide menunjukkan iPhone yang terpasang di dashboard untuk mengilustrasikan pendekatan "Eyes Free" dari integrasi tersebut. Siri diasumsikan bisa dipanggil lewat tombol-tombol di bagian stir mobil.

Siri adalah software asisten pribadi pada perangkat Apple iPhone yang sanggup memahami kata-kata  dalam percakapan dan bisa melakukan hal-hal yang diperintahkan pengguna seperti mengirim sms,  membuat panggilan, dan lain-lain.

Mercedes sudah mengumumkan rencana untuk mengintegrasikan siri di produk all-new A-Class yang akan diluncurkan di Eropa tahun ini.

Meskipun termasuk unggul dalam teknologi mobil, Ford absen dari daftar. Hal tersebut disinyalir karena produsen yang bersangkutan memakai teknologi Microsoft dalam teknologi voice-recognition "SYNC" di mobil buatannya.

Produsen besar lain yang juga absen adalah Hyundai dan Kia.

Apple belum menjelaskan bagaimana Siri akan diimplementasikan oleh para produsen mobil, termasuk bagaimana cara menghindari konflik dengan fungsi voice recognition yang sudah ada pada beberapa produk.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com