BERITA FOTO

Dingdong, Permainan Lama yang Masih Bertahan

Kompas.com - 14/06/2012, 12:04 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

KOMPAS.com - Di era 1990-an, permainan dingdong di Jakarta sangat diminati tidak saja kalangan anak-anak, orang dewasa pun menggandrungi permainan video game tersebut. Namun, saat ini sudah mulai sulit mendapati permainan itu di Jakarta. Hanya segelintir tempat yang masih menyediakan permainan ini. Salah satunya, di Kampung Baru, Pademangan, Jakarta Utara.

Meskipun saat ini bermunculan berbagai jenis video game baru, anak-anak di Kampung Baru masih menikmati permainan dingdong. Mereka terlihat senang dan menikmati. Uniknya lagi, permainan ini berada tepat di pinggir jalan. Tidak memiliki ruangan khusus.

"Dingdong ini sudah ada tujuh tahun," ujar Ida, warga Kampung Baru yang tinggal di sebelah permainan dingdong tersebut, Selasa (12/6/2012)

Ida mengatakan, dindong itu merupakan titipan warga kampung sebelah. Untuk memainkannya, cukup menyediakan Rp 500 untuk dua koin. Harga tersebut terbilang murah jika dibandingkan dengan video game dengan model terbaru yang harg sewanya sebesar Rp 3.000.

Anak-anak terlihat asyik memainkan game tersebut. Mata mereka fokus melihat layar, senyum kebahagian terlihat dari raut mukanya. Seiring perkembangan zaman, permainan dingdong mulai menghilang digantikan permainan modern seperti playstation, x-box, dan permainan sejenis yang dipengaruhi budaya luar.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.