Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
BERITA FOTO

Dingdong, Permainan Lama yang Masih Bertahan

Kompas.com - 14/06/2012, 12:04 WIB
Andrean Kristianto

Penulis

KOMPAS.com - Di era 1990-an, permainan dingdong di Jakarta sangat diminati tidak saja kalangan anak-anak, orang dewasa pun menggandrungi permainan video game tersebut. Namun, saat ini sudah mulai sulit mendapati permainan itu di Jakarta. Hanya segelintir tempat yang masih menyediakan permainan ini. Salah satunya, di Kampung Baru, Pademangan, Jakarta Utara.

Meskipun saat ini bermunculan berbagai jenis video game baru, anak-anak di Kampung Baru masih menikmati permainan dingdong. Mereka terlihat senang dan menikmati. Uniknya lagi, permainan ini berada tepat di pinggir jalan. Tidak memiliki ruangan khusus.

"Dingdong ini sudah ada tujuh tahun," ujar Ida, warga Kampung Baru yang tinggal di sebelah permainan dingdong tersebut, Selasa (12/6/2012)

Ida mengatakan, dindong itu merupakan titipan warga kampung sebelah. Untuk memainkannya, cukup menyediakan Rp 500 untuk dua koin. Harga tersebut terbilang murah jika dibandingkan dengan video game dengan model terbaru yang harg sewanya sebesar Rp 3.000.

Anak-anak terlihat asyik memainkan game tersebut. Mata mereka fokus melihat layar, senyum kebahagian terlihat dari raut mukanya. Seiring perkembangan zaman, permainan dingdong mulai menghilang digantikan permainan modern seperti playstation, x-box, dan permainan sejenis yang dipengaruhi budaya luar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com