Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Coding on the Beach

Ancol Pikat Pengunjung dengan Game Pantai Buatan Lokal

Kompas.com - 18/06/2012, 09:38 WIB

KOMPAS.com - Selain membantu pengembang aplikasi (developer) game lokal dalam upaya meluncurkan produknya ke pasar, kerjasama dengan  para pembuat aplikasi yang ikut serta dalam kompetisi "Nokia Coding on the Beach" juga sekaligus memberi landasan bagi cara promosi baru pihak Ancol Taman Impian selaku penyelenggara.

"Kami ingin meraih konsumen yang selama ini belum tersentuh oleh media iklan, dengan memberi hadiah-hadiah menarik lewat aplikasi-aplikasi game bertemakan Ancol ini," tutur Corporate Communication Manager PT Pembangunan Jaya Ancol, Metty Y. Harahap.

nokia_coding_on_the_beach_metty

Corporate Communication Manager PT Pembangunan Jaya Ancol Metty Y. Harahap (kiri) mencoba game dari salah satu peserta lomba kreasi game Nokia Coding on the Beach

Hadiah-hadiah menarik yang dimaksud adalah kesempatan untuk mendapatakan item tertentu dengan memenuhi prasyarat dalam aplikasi-aplikasi game yang menurut rencana akan tersedia di sejumlah ponsel Nokia ini. "Misalnya, dengan membuat high-score dalam game, pemain akan mendapat diskon  20 persen untuk tiket masuk Dufan," papar Metty.

Salah satu hadiah yang bisa dimenangkan adalah tiket annual pass yang memberi akses gratis ke Dufan selama satu tahun penuh. Aplikasi-aplikasi game juga menggunakan tema dan karakter dari Ancol Taman Impian.

Dengan cara tersebut, Metty berharap segmen konsumen yang akrab dengan gadget akan tertarik untuk mengunjungi pantai Ancol dan taman bermain Dufan.

Metty mengatakan, para developer akan mendapat keuntungan tersendiri melalui kerja sama tersebut. Menurut Metty, pihaknya akan mempromosikan judul-judul game yang banyak di-download -berikut nama developer yang bersangkutan- di seputar area Ancol dan melalui berbagai macam media. 

"Dengan begitu awareness masyarakat terhadap developer terkait akan turut meningkat," jelasnya.

Nokia Coding on the Beach adalah lomba pembuatan game yang diadakan oleh Ancol Taman Impian bekerja sama dengan Nokia Indonesia dan studio game Agate Studio. Para peserta ditantang menciptakan game dengan nuansa dan karakter-karakter dari Ancol Taman Impian dalam waktu satu hari.

Sebanyak 107 peserta yang tergabung dalam 17 tim developer game meramaikan acara ini.

Seperti namanya, kompetisi Nokia Coding on the Beach berlangsung di hamparan pasir pantai Bende, Ancol, hari Sabtu  (16/6/2012) dan Minggu (17/6/2012) kemarin.

Pihak Ancol berencana mengadakan seri kedua dari lomba kreasi game oleh developer lokal tersebut. Menurut rencana, aplikasi-aplikasi game dari para kontestan Nokia Coding on the Beach kali ini akan dapat diperoleh melalui Nokia Store mulai tanggal 14 Agustus mendatang.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com