Bapak Linux Marah Besar kepada Nvidia

Kompas.com - 19/06/2012, 09:15 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Pencipta kernel Linux, Linus Torvald, menunjukkan kemarahannya kepada perusahaan pembuat prosesor dan kartu grafis Nvidia. Ia sampai mengacungkan jari tengah dan melontarkan kata kasar kepada Nvidia.

Dalam sebuah wawancara di Finlandia, seorang peserta perempuan menanyakan sulitnya membuat sistem operasi Linux berjalan sempurna di komputernya yang menggunakan cip grafis Nvidia Optimus.

Torvald pun mengakui bahwa Nvidia, sebagai pemain besar di ranah kartu grafis, tidak memberi dukungan kepada Linux dengan merilis driver open source.

"Nvidia tidak memberi dukungan sama sekali kepada Linux," kata Torvald. Ia merasa sistem operasi berlogo burung penguin ini dianaktirikan lantaran Nvidia memberi dukungan penuh kepada Windows dan Mac OS.

Menurutnya, sistem operasi mobile Android yang berbasis kernel Linux telah membawa Nvidia sebagai pemain besar prosesor untuk perangkat mobile Android. Karena itulah, Nvidia punya kewajiban moral untuk mendukung Linux.

Pengguna Linux telah lama mengeluhkan masalah driver untuk kartu grafis Nvidia. Nvidia memang menolak untuk merilis driver open source karena khawatir informasi penting produknya akan bocor.

Spekulasi lain menyebut, Nvidia tidak mau merilis driver open source karena hal itu tidak menghasilkan uang.

AMD pun datang mengisi kekosongan itu, dengan merilis driver open source.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.