Tablet Surface Dirancang Microsoft untuk Saingi iPad

Kompas.com - 19/06/2012, 11:09 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Microsoft akhirnya mengumumkan perangkat tablet yang bersistem operasi Windows 8, Senin (18/6/2012), waktu Los Angeles, Amerika Serikat. Tablet yang diberi nama Surface Tablet ini digadang-gadang untuk menantang iPad besutan Apple.

Untuk melawan Apple yang sukses dengan iPad, Microsoft memulainya dengan menjadi produsen tablet sendiri, serta membuat sistem operasi Windows 8 khusus tablet, yang diberi nama Windows 8 RT.

CEO Microsoft Steve Ballmer mengatakan, sistem operasi Windows 8 RT yang menjalankan tablet Surface, memiliki tampilan yang sama dengan Windows 8 yang berjalan di personal computer (PC).

Seperti diketahui, Windows merupakan sistem operasi PC yang paling banyak digunakan di dunia. Microsoft hendak menghadirkan pengalaman yang sama ketika pengguna menjalankan Windows 8 di tablet maupun di komputer PC dan laptop.

Menurut analis Sarah Rotman Epps dari perusahaan riset Forrester, ia tidak melihat bahwa Surface akan membunuh iPad. "Saya tidak melihat Surface sebagai pembunuh iPad. Tapi Surface memiliki banyak potensi," katanya.

Ia menambahkan, dalam pengumuman kemarin Microsoft berfokusi pada inovasi hardware, namun tidak berbicara tentang layanan. "Aset unik Microsoft ini membuat Surface menjadi produk yang luar biasa," imbuh Sarah.

Surface akan meluncur dalam dua versi dan tersedia dalam pilihan kapasitas memori internal. Pertama, yang menggunakan prosesor berarsitektur ARM, yang disebut-sebut lebih ringan dan tipis. Surface dengan prosesor ARM datang dengan kapasitas memori internal 32GB dan 64GB. Akan meluncur lebih dulu ke pasar, dijadwalkan pada musim liburan Natal tahun ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Versi kedua, tablet Surface dengan prosesor berarsitektur Intel. Tablet versi ini bentuknya lebih berat dan lebih tebal, namun dibekali kapasitas memori internal lebih besar, yakni 64GB dan 128GB. Rencananya, Surface berprosesor Intel Ivy Bridge akan tersedia 3 bulan setelah Surface versi ARM diluncurkan.

Untuk menyerang kelemahan Apple yang lainnya, Microsoft membekali Surface dengan cover yang berfungsi sebagai penutup sekaligus papan ketik (keyboard). Tak hanya itu, di sana juga tersedia touchpad untuk bernavigasi dengan jari, seperti halnya ketika Anda menggunakan laptop.

Microsoft belum memberi rincian harga tablet Surface.Namun harga Surface versi ARM akan kompetitif dengan komputer jinjing ultrabook yang dipopulerkan Intel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.