Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajukan 101 Domain, Google Siap Bayar Rp 172 Miliar

Kompas.com - 19/06/2012, 16:03 WIB

KOMPAS.com Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) merilis 1930 nama-nama  generic top-level domain (gTLD) hari Rabu (13/6/2012) minggu lalu.

Perusahaan yang ingin membubuhkan alamat gTLD gres tersebut akan dikenakan biaya sebesar 185.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,7 milyar untuk setiap nama yang diajukan. Sebanyak 5.000 dollar AS harus dibayar di muka.

Dari total sebanyak 1930 nama yang diajukan, ICANN berpotensi meraup uang sekitar 350 juta dollar AS atau Rp 3,2 triliun.

Ke-1930 nama domain gTLD tersebut diajukan dari 60 negara berbeda. Sebanyak 911 nama diajukan oleh wilayah Amerika Utara, 675 dari Eropa, 303 dari Asia Pasifik, 24 dari Amerika Latin dan wilayah Karibia, sementara 17 sisanya dari Afrika.

Biarpun mahal, harga pendaftaran nama domain tersebut tak menghalangi niat beberapa pemain industri IT untuk mengajukan banyak nama sekaligus.

Google, misalnya, mengajukan 101 nama domain gTLD. Total uang yang dikeluarkan Google untuk mengajukan nama-nama ini sebesar 18,7 juta dollar AS atau sekitar Rp 172 miliar.

Raksasa internet ini bersaing dengan Amazon memperebutkan sekitar 20 nama domain, termasuk  ".app",".game",".play", ".movie, dan ".music". Amazon sendiri mengajukan 76 nama.

Apabila disetujui, nantinya nama tiap domain akan dikenakan biaya pembaruan/tahunan sebesar 25.000 dollar AS oleh ICANN.

Biaya pembuatan nama domain yang mahal tersebut telah memicu kritik dari sejumlah pihak. Dalam blog pribadinya, advokat privasi internet Lauren Weinstein menyebut skema pendaftaran nama domain oleh ICANN sebagai "pemerasan".

Sejumlah brand besar, termasuk Facebook dan Twitter, tidak melihat perlunya membayar mahal untuk memiliki nama domain gTLD. Brand populer lain, Apple, hanya mengajukan nama domain ".apple".

ICANN adalah organisasi non-profit swasta yang bertanggung jawab mengatur alokasi nama domain di internet, juga mengoordinasi alamat internet protocol (IPv4 dan IPv6).

Sampai saat ini terdapat 22 nama domain gTLD, termasuk ".com", ".org", dan ".net".

ICANN membuka pendaftaran untuk nama-nama domain gTLD baru pada 12 Januari 2012. Setelah disetujui, nama-nama domain baru ini rencananya akan mulai aktif pada kuartal pertama 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com