Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surface, "Pancingan" Agar Vendor Bikin Tablet Windows 8

Kompas.com - 20/06/2012, 09:28 WIB

KOMPAS.com - Microsoft mengumumkan tablet bersistem operasi Windows 8 besutan mereka sendiri yang diberi nama Surface, pada Senin (18/6/2012) waktu Los Angeles, Amerika Serikat.

Tablet  ini seakan menjadi produk yang memancing agar vendor lain turut memproduksi tablet Windows 8.

CEO Microsoft Steve Ballmer mengatakan, Surface merupakan "pompa utama" untuk merilis tablet Windows 8 di kemudian hari. Ia mengatakan, Surface adalah "pendamping yang penting untuk keseluruhan cerita di Windows 8, namun bukan satu-satunya."

Meski membuat tablet sendiri, Microsoft membuka kesempatan bagi vendor yang ingin mengadopsi Windows 8. Beberapa vendor besar pun, telah siap mengadopsi Windows 8.

Tablet Windows 8 akan diproduksi dalam 2 versi arsitektur prosesor, yakni prosesor arsitektur ARM dan Intel. Khusus untuk tablet berarsitektur ARM, sistem operasi yang akan berjalan adalah Windows 8 versi RT (Run-Time).

Surface hanya sepotong kecil strategi Microsoft di bisnis tablet, untuk bersaing dengan iPad dari Apple dan Android dari Google. Apalagi, Microsoft telah memiliki ekosistem yang kuat dalam sistem operasi Windows untuk PC.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com