Surface, "Pancingan" Agar Vendor Bikin Tablet Windows 8

Kompas.com - 20/06/2012, 09:28 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Microsoft mengumumkan tablet bersistem operasi Windows 8 besutan mereka sendiri yang diberi nama Surface, pada Senin (18/6/2012) waktu Los Angeles, Amerika Serikat.

Tablet  ini seakan menjadi produk yang memancing agar vendor lain turut memproduksi tablet Windows 8.

CEO Microsoft Steve Ballmer mengatakan, Surface merupakan "pompa utama" untuk merilis tablet Windows 8 di kemudian hari. Ia mengatakan, Surface adalah "pendamping yang penting untuk keseluruhan cerita di Windows 8, namun bukan satu-satunya."

Meski membuat tablet sendiri, Microsoft membuka kesempatan bagi vendor yang ingin mengadopsi Windows 8. Beberapa vendor besar pun, telah siap mengadopsi Windows 8.

Tablet Windows 8 akan diproduksi dalam 2 versi arsitektur prosesor, yakni prosesor arsitektur ARM dan Intel. Khusus untuk tablet berarsitektur ARM, sistem operasi yang akan berjalan adalah Windows 8 versi RT (Run-Time).

Surface hanya sepotong kecil strategi Microsoft di bisnis tablet, untuk bersaing dengan iPad dari Apple dan Android dari Google. Apalagi, Microsoft telah memiliki ekosistem yang kuat dalam sistem operasi Windows untuk PC.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.