Inikah Wujud Asli Ponsel Facebook?

Kompas.com - 20/06/2012, 09:55 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Facebook dikabarkan bakal membuat smartphone yang akan dirilis tahun 2013. Bocoran fotonya pun sudah beredar di internet.

Rencana pembuatan ponsel Facebook memang sudah beredar sejak tahun lalu. Namun, ternyata saat itu baru berupa layanan Facebook yang diintegrasikan dengan ponsel.

Di ajang Mobile World Congress (MWC) 2011 di Barcelona, Spanyol, produsen ponsel dari Taiwan, HTC, memperkenalkan dua model ponsel Facebook, HTC Salsa dan HTC Chacha. Keduanya dilengkapi tombol shortcut di kanan bawah yang bisa digunakan pengguna untuk terhubung langsung ke fitur-fitur Facebook.

Tetapi, pada tahun ini tampaknya rencana raksasa jejaring sosial itu tidak main-main dalam merilis ponsel Facebook sendiri. Kabarnya, untuk merealisasikan rencana tersebut, Facebook telah merekrut enam insinyur hardware dan software Apple yang bekerja untuk iPhone dan satu orang yang bekerja untuk iPad.

facebook_phone1 ok

Ponsel ini dirancang oleh Tolga Tuncer. Beda dengan ponsel biasa, konsep ponsel Facebook hadir dengan bentuk berbeda karena lebih panjang. Masalahnya, dengan ukuran sepanjang itu, tentu akan menyulitkan pengguna untuk memasukkan ke dalam saku.

Tetapi, belum dijelaskan seberapa panjang prototipe ponsel Facebook ini.

Untuk tombol "Home", ponsel Facebook ini meletakkannya di sisi bawah layar. Namun, bukan berbentuk rumah seperti ponsel lainnya, Facebook lebih memilih tombol "Like" sebagai gambar tombol menunya.

Tombol speaker dan mikrofon dipasang di belakang sehingga, saat pengguna akan membuat atau menerima panggilan, ponsel harus dibalik. Layar akan membelakangi telinga.

Ada juga tombol khusus yang akan diperuntukkan bagi fitur Instagram dan Spotify. Layanan Spotify merupakan layanan streaming musik yang menawarkan layanan musik dari berbagai label rekaman besar dan independen, termasuk Sony, EMI, Warner Music Group, dan Universal.

Aplikasi Spotify ini juga menyediakan layanan radio online yang dapat memberikan akses bagi pengguna untuk mengakses musik di situs yang belum dilisensi oleh Spofity, seperti lagu-lagu dari grup musik Coldplay, The Beatles, Metalica, dan penyanyi solo Adelle.

Di bagian atas, ada tombol yang khusus diintegrasikan dengan Facebook. Selain itu, juga ada integrasi layanan pesan dan notifikasi pesan di dalam satu tombol.

Akankah ini menjadi ponsel Facebook sebenarnya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.