Kisah Wanara Bakal Hadir di Komik, Game, dan Animasi - Kompas.com
Multimedia

Kisah Wanara Bakal Hadir di Komik, Game, dan Animasi

Kompas.com - 20/06/2012, 13:01 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - The Adventures of Wanara adalah sebuah intellectual property (IP) yang sedang dipersiapkan untuk disajikan dalam berbagai format, mulai komik strip, game mobile, hingga animasi. Diluncurkan secara bertahap, inilah proyek ambisius yang mulai mendekati tanggal peluncurannya.

Hal tersebut diutarakan Adhicipta R Wirawan, pendiri Animotion Academy, dalam sebuah perjumpaan dengan Kompas di Bandung beberapa saat lalu. Adhicipta tengah berada di Bandung untuk menandatangani dokumen kerja sama dana ventura melalui Indigo Fellowship awal Juni ini. Dia mengungkapkan konsep produk yang ingin dihasilkan dari IP ini.

"Bentuknya beragam, mulai dari novel, game, komik, hingga animasi. Semuanya dikerjakan secara terpisah dan dihasilkan secara bertahap," ujar Adhicipta.

The Adventures of Wanara bercerita mengenai seorang bocah dari keturunan monyet atau wanara bernama Naradja. Dia lahir dan menjadi pertemuan dari dua garis keturunan yang jauh bertolak belakang yakni antara Anoman dengan Rahwana. Kisah ini berputar mengenai usahanya untuk mencegah kebangkitan raja iblis dari dalam dirinya.

Dari segi cerita, Adhicipta sengaja tidak mengutak atik pakem cerita Ramayana yang sudah ada, dia hanya membuat kisah yang tidak terkait. Judul awal yang sempat dipakai adalah The Adventures of Anoman pun diganti menjadi The Adventures of Wanara karena berbagai pertimbangan.

Berbekal dana ventura dari Indigo Fellowship, The Adventures of Wanara siap merilis produk pertamanya yakni komik strip dengan ilustrator Bonnie Soeherman. Komik strip itu bakal dirilis bulan mendatang.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan game mobile bertemakan The Adventures of Wanara untuk platform iOS dan Android yang direncanakan bulan Agustus. Tahap ke tiga adalah animasi, meski Adhicipta sendiri belum bisa memastikan waktu pastinya. (eld)


EditorReza Wahyudi

Close Ads X