Sepuluh Misteri Tablet Microsoft Surface

Kompas.com - 20/06/2012, 14:24 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Microsoft baru saja mengumumkan kehadiran tablet Windows 8 buatannya sendiri, yaitu Surface Tablet. Namun, Microsoft masih merahasiakan "jeroan"  dari perangkat tablet tersebut sebelum resmi dijual.

Dari spesifikasi yang telah dirilis, perusahaan software raksasa ini masih menyembunyikan beberapa spesifikasi. Di antaranya ukuran RAM, resolusi kamera, resolusi layar, koneksi Bluetooth dan 4G, akselerometer, light sensor, gyroscope, kompas digital ataupun GPS. Begitu juga dengan harganya.

Berikut 10 hal yang masih menjadi misteri dari Microsoft Tablet Surface:
 
1. Harga
Microsoft belum menjelaskan harga perangkat terbarunya itu. Tapi kabarnya, tablet Surface akan memiliki harga yang sebanding dengan tablet atau ultrabook. Sebagai gambaran, tablet biasanya rata-rata dijual seharga 500 dollar AS. Sedangkan Ultrabook murah dijual sekitar 800 dollar AS.

Microsoft merilis dua model Tablet Surface, yaitu Windows RT dan Windows 8. Harga tablet Microsoft Surface ini diperkirakan tidak akan jauh dari 400 dollar AS (untuk Windows RT) dan 1.000 dollar AS (untuk Windows 8).

Dengan harga tersebut, diperkirakan akan langsung bersaing dengan Apple iPad yang saat ini masih dijual mulai 500 dollar AS.

Saat dikonfirmasi, Presiden Direktur Microsoft Indonesia Andreas Diantoro juga enggan berkomentar tentang harga perangkat tersebut. Dia menyerahkan sepenuhnya ke pihak Microsoft global.

"Saya tidak mau menyebut harganya, apalagi jadwal perilisannya di global maupun Indonesia," katanya.

2. Ketersediaan di pasar
Karena menggunakan Windows 8, perangkat tablet ini diperkirakan akan dirilis saat peluncuran resmi OS Windows 8, yang rencananya akan diluncurkan pada Oktober atau November.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. Mitra vendor
Hingga saat ini belum diketahui perusahaan mana yang memproduksi Microsoft Surface. Ini berbeda dengan Apple yang sudah mulai menjalin kerjasama dengan Samsung.

4. Reaksi partner
Pengenalan tablet Microsoft Surface yang tidak berbarengan dengan peluncuran Windows 8 ini secara terang-terangan akan menyindir mitra kerjanya. Hal itu disebabkan vendor yang bekerja sama dengan Microsoft baru akan merilis tablet Windows 8, setelah OS tersebut resmi dirilis.

Tercatat vendor Hewlett Packard, Dell, Lenovo bahkan Samsung juga berminat merilis tablet dengan OS Windows 8. Tapi, Microsoft juga perlu meyakinkan mitra vendornya untuk terus bekerjasama, khususnya untuk tablet Windows RT.

Halaman:
Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.