Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HTC One S di Indonesia Pakai Prosesor Berbeda

Kompas.com - 21/06/2012, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Smartphone HTC One S akan beredar di pasaran Indonesia pada akhir Juni 2012.

Ponsel besutan vendor asal Taiwan ini ternyata memiliki dua versi, dengan perbedaaan di komponen prosesornya. Versi yang akan masuk ke Indonesia akan berbeda dengan One S yang dipasarkan ke negara Eropa dan Amerika.

Hal ini diakui oleh pihak HTC Indonesia. Head of Product Marketing HTC Indonesia Samudero Seto, mengatakan, One S yang masuk ke Indonesia menggunakan prosesor Snapdragon S3 dari Qualcomm, clock speed 1,7GHz, dan fabrikasi 45 nano meter (nm). One S serupa dengan prosesor S3 juga dipasarkan di Asia Tenggara, sejumlah negara Asia dan Australia.

Sementara untuk pasar Eropa dan Amerika, One S menggunakan dual core Snapdragon S4 dengan clock speed 1,5GHz, yang merupakan prosesor terkini dari Qualcomm. Fabrikasi Snapdragon S4 untuk One S ini adalah 28nm.

"Perbedaan antara keduanya tidak signifikan, begitu juga dengan grafisnya," demikian klaim Samudero dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (20/6/2012).

Dari sisi fabrikasi keduanya sudah berbeda. Selain itu, generasi terbaru sebuah prosesor tentu mengalami banyak perbaikan dan penyempurnaan.

HTC tidak akan memasukkan One S dengan Snapdragon S4 di Indonesia, agar tidak ada produk ganda dari sebuah tipe smartphone yang sama.

Dikutip dari BBC, saat ini Qualcomm memang kekurangan stok prosesor Snapdragon S4. Mereka telah memberi peringatan kepada para mitra yang menggunakan prosesor Snapdragon S4.

HTC One S memiliki layar Super AMOLED seluas 4,3 inci beresolusi 960x540 piksel. Dapur pacunya diperkuat oleh prosesor Qualcomm Snapdragon S3 1,7GHz, RAM 1GB, dan berjalan dengan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich. Kameranya bersensor 8MP dengan LED flash dan kamera depan VGA.

One S memiliki memori internal sebesar 16GB dan tidak menyediakan slot memori eksternal, namun ada tambahan media penyimpanan data di awan (cloud) sebesar 25GB selama 2 tahun dari Dropbox. Untuk konektivitas, tersedia slot MicroSIM GSM, 3G, HSPA, Wi-Fi, DLNA, GPS, bluetooth, MicroUSB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com