Windows Phone 8

Nokia, Samsung, HTC, dan Huawei Dapat Giliran Pertama

Kompas.com - 21/06/2012, 09:45 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Di sela perkenalan sistem operasi terkini Windows Phone 8, Rabu (20/6/2012), Microsoft menyebutkan empat mitra spesial yang mendapat hardware khusus jika kelak mereka memproduksi ponsel berbasis Windows Phone 8.

Keempat mitra yang mendapat kehormatan menjadi yang pertama mengusung Windows Phone 8 tersebut adalah Nokia, Huawei, Samsung, dan HTC.

Pihak Microsoft menyatakan, keempatnya akan memiliki perangkat Windows Phone 8 yang dibekali dengan "silikon generasi terkini" dari Qualcomm, yang tak lain adalah produsen prosesor untuk perangkat mobile.

Microsoft tidak menjelaskan lebih rinci tentang maksud "silikon generasi terkini". Namun kuat diduga, yang dimaksud adalah prosesor dua otak (dual core).

Microsoft beserta keempat mitra spesialnnya ini akan meluncurkan smartphone Windows Phone 8 ke 180 negara, serta menyediakan layanan dalam 50 bahasa.

Windows Phone 8 menjanjikan beberapa pembaruan baik dari sisi fitur maupun dukungan terhadap hardware. Corporate Vice President Microsoft Joe Belfiore, menjelaskan, Windows Phone 8 akan menghadirkan fitur perintah suara, panggilan video Skype, transaksi nirkabel Near Field Communication (NFC), dan fitur Global Positioning System (GPS).

Ia pun menjanjikan Windows Phone 8 mendukung untuk smartphone dengan hardware berspesifikasi tinggi. Windows Phone 8 siap untuk prosesor multi-core, layar beresolusi tinggi, serta memori eksternal. Sistem operasi khusus smartphone ini akan dirilis pada akhir tahun 2012.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.