Ponsel WP7 Tak Bisa "Upgrade" ke Windows Phone 8

Kompas.com - 21/06/2012, 11:36 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Saat Microsoft mengumumkan kehadiran Windows Phone 8, ada kabar kurang menyenangkan bagi para pengguna smartphone bersistem operasi Windows Phone versi 7.

Kabar tersebut adalah, smartphone lama mereka tidak bisa di-upgrade ke Windows Phone versi 8, termasuk ponsel-ponsel Windows Phone besutan Nokia, Lumia.

Hal ini diungkapkan Greg Sullivan, Senior Product Manager Windows Phone dari Microsoft. Alasannya, tak lain soal keterbatasan peranti keras (hardware) sehingga membuat smartphone tersebut tidak mendukung Windows Phone 8.

"Ini karena ponsel tersebut tidak dibekali prosesor multi-core. Beberapa komponen lainnya juga tidak mendukung," kata Sullivan di sela-sela acara perkenalan Windows Phone 8, Rabu (20/6/2012).

Microsoft melakukan perubahan besar pada Windows Phone 8. Selain mendukung penggunaan prosesor multi-core, sistem operasi yang akan dirilis pada akhir tahun 2012 ini mendukung layar beresolusi tinggi dan memori eksternal.

Microsoft menyarankan pengguna Windows Phone 7 agar melakukan upgrade ke Windows Phone versi 7.8. Versi ini memberi tampilan antarmuka Metro yang sama dengan Windows Phone 8, tetapi tidak untuk fitur-fiturnya.

Tampilan Metro di Windows Phone 8 akan memenuhi seluruh layar smartphone. Kotak-kotaknya tampak lebih kecil, tetapi ukurannya bisa diatur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.