Bos Foxconn: iPhone 5 Akan Permalukan Galaxy S III

Kompas.com - 21/06/2012, 17:25 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Foxconn, pemanufaktur iPhone dan iPad di China telah resmi menjalin kerjasama dengan Sharp. Dengan kerjasama itu, Foxconn berkeinginan ingin mengalahkan Samsung dalam tiga-lima tahun ke depan.

Media Focus Taiwan News Channel menyebut pernyataan itu muncul dari CEO Foxconn Terry Gou yang menyampaikan saat acara tahunan pemegang saham Hon Hai. Kehadiran perusahaan joint venture antara Foxconn dan Sharp ini bertujuan untuk meningkatkan produksi di bidang panel display.

Bahkan Hon Hai Precision Industry Co memang sedang berencana bekerjasama dengan Sharp untuk membuat layar iPhone terbaru. Sharp dan Foxconn resmi melakukan kerjasama, setelah bisnis patungan LCD antara Sharp dan Sony baru saja berhenti.

Sebenarnya, yang bekerjasama dengan Sharp adalah Hon Hai Precision Industry Co. Hon Hai Precision adalah induk usaha Foxconn yang ada di Taiwan. Sedangkan Foxconn adalah perusahaan manufaktur Apple iPhone yang ada di China.

Dengan kerjasama antara Foxconn dan Sharp tersebut, Gou menyatakan perusahaannya akan lebih mudah dalam mengalahkan Samsung. Selama ini, Samsung dianggap sebagai perusahaan yang sering mengadukan kompetitornya.

Pengaduan yang dimaksud Gou adalah saat Samsung mengadukan empat perusahaan Taiwan ke European Commission atas masalah harga dalam industri panel tahun 2010 lalu. Perusahaan tersebut adalah Chimei Innolux Corp, AU Optronics Corp, Chunghwa Picture Tubes Ltd dan HannStar Display Corp of Taiwan.

Pengaduan ini menyebabkan empat perusahaan Taiwan tersebut harus membayar denda sebesar 433,92 juta Euro. Samsung terbebas dari penyelidikan karena hanya berstatus sebagai sanksi.

Siap mengalahkan Samsung

Kerjasama joint venture antara Sharp dan Foxconn akan membuat bisnis panel display akan semakin menarik, khususnya akan bersaing mengalahkan dominasi panel display dari Samsung.

Gou juga mengingatkan kepada konsumen khususnya Apple fanboy (penggemar produk Apple) agar setia menunggu jadwal peluncuran Apple iPhone 5. Gou mengatakan bahwa ponsel iPhone 5 akan mempermalukan Samsung Galaxy S III.

"Dengan kekuatan pemasaran dan manufaktur Hon Hai serta teknologi terbaru dari Sharp, kami akan mengalahkan Samsung," kata Gou.

Gou juga menjelaskan bahwa dia menaruh rasa hormat kepada orang Jepang (khususnya Sharp) dalam hal eksekusi dan komunikasi, tidak seperti orang Korea yang akan menusuk dari belakang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.