Desire VC, Android "Dual SIM" Pertama dari HTC

Kompas.com - 22/06/2012, 11:20 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - HTC telah merilis HTC Desire VC T328d, ponsel yang mendukung dual SIM. Desire VC merupakan smartphone HTC pertama dengan jaringan dual SIM (GSM-CDMA).

Head of Product Marketing HTC Indonesia Samudro Seto menjelaskan ponsel ini merupakan kelanjutan dari HTC Raider yang selama ini hanya memakai jaringan CDMA.

"Ada permintaan dari operator dan konsumen untuk menghadirkan smartphone yang mendukung dual kartu SIM (GSM-CDMA). Ponsel ini juga menjadi alternatif ponsel dual kartu SIM yang selama ini didominasi oleh ponsel China," kata Samudro saat Media Rountable di kantor HTC Plaza Semanggi Jakarta, Kamis (21/6/2012).

Ponsel ini berjalan dalam jaringan CDMA single band 2000 1x/EVDO/EVDO Rev A 800 MHz. Kartu CDMA ini bukan dikunci (lock) tapi mendukung konsep RUIM. Dengan jaringan ini, kecepatan untuk mengakses data bisa lebih cepat. Sedangkan untuk jaringan GSM berjalan di GSM/GPRS 900/1800/1900 Mhz.

Menurut Samudro, ponsel ini hanya mendukung jaringan 2G/GSM. Dengan harapan, pengguna HTC Desire VC akan lebih memanfaatkan paket data menggunakan jaringan CDMA.

"Sebenarnya ini sempat menjadi perdebatan di internal HTC. Ponsel ini belum mendukung jaringan 3G untuk GSM-nya. Paket data lebih diarahkan ke CDMA. Sedangkan telepon dan sms diarahkan ke GSM," tambahnya.

Meski ada sedikit kekurangan di sisi jaringan, karena dibuat untuk pasar menengah atas, ponsel HTC Desire VC ini pun diberikan fitur teknologi terkini. Sebut saja OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich, prosesor 1 GHz, GPS, motion G sensor, kamera 5MP dengan LED flash hingga WVGA Camcorder.

Selain itu, ponsel ini juga telah dibekali Google Maps dan peta yang diciptakan oleh HTC Sendiri, HTC Locations. Fitur tersebut bisa dilihat di aplikasi HTC Car dengan menu berisi HTC Locations, musik, internet radio (lokal dan internasional) serta panggilan cepat.

"HTC Locations ini bisa digunakan untuk mencari tempat-tempat favorit di Indonesia, baik restoran, perkantoran bahkan gedungnya juga terlihat jelas. Peta ini lebih advance dibanding Google Maps," katanya.

Aplikasi HTC Car ini disediakan gratis oleh HTC. Namun untuk aplikasi berbayar, aplikasi ini akan ditambahkan suara untuk menunjuk arah di HTC Locations.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X