Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melongok Tampilan Windows Phone 7.8 di Nokia Lumia 900

Kompas.com - 22/06/2012, 14:39 WIB

KOMPAS.com - Meski mendapat kabar kurang menyenangkan soal perangkat mereka yang tidak bisa di-upgrade ke Windows Phone 8, setidaknya para pemilik smartphone Windows Phone 7 akan bisa mendapatkan tampilan sistem operasi anyar tersebut di perangkat mereka.

Pada acara perkenalan Windows 8 hari Rabu (20/6/2012), Senior Product Manager Windows Phone Greg Sullivan menunjukkan smartphone Nokia Lumia 900 yang menjalankan OS Windows Phone 7.8 (non-final). Versi Windows Phone ini memiliki tampilan home screen yang sama dengan Windows Phone 8.

Seperti dilaporkan SlashGear, tampilan home screen ala Windows Phone 8 tersebut terdiri atas kolom-kolom ("tile") dengan ukuran berbeda-beda, besar dan kecil. Kolom tile yang tadinya berjumlah dua baris ditambahkan menjadi hingga menjadi empat baris.

Ukuran Live Tile yang menyajikan update informasi secara langsung kini bisa diatur oleh pengguna. Ukuran tile sendiri tersedia dalam tiga pilihan: single wide double wide, dan shortcut kecil.

Posisi tile juga dapat dipindah-pindahkan sehingga membentuk tampilan yang berbeda-beda dan terkesan lebih dinamis.

Walaupun memberi update tampilan ala Windows Phone 8 untuk perangkat yang telah ada, keputusan Microsoft untuk tidak memberikan opsi upgrade ke sistem operasi tersebut telah memicu kontroversi.

Dalam interview yang dipublikasikan oleh The Verge, Wakil Presiden Senior Manajemen Program dan Produk Nokia Kevin Shields berkilah, "Saya rasa konsumen pada umumnya mungkin tidak tahu tentang persoalan upgrade ini."

Shield mengatakan, nantinya perangkat-perangkat Windows Phone 7 lainnya juga akan menerima update ke Windows Phone versi 7.8.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com