Melongok Tampilan Windows Phone 7.8 di Nokia Lumia 900

Kompas.com - 22/06/2012, 14:39 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Meski mendapat kabar kurang menyenangkan soal perangkat mereka yang tidak bisa di-upgrade ke Windows Phone 8, setidaknya para pemilik smartphone Windows Phone 7 akan bisa mendapatkan tampilan sistem operasi anyar tersebut di perangkat mereka.

Pada acara perkenalan Windows 8 hari Rabu (20/6/2012), Senior Product Manager Windows Phone Greg Sullivan menunjukkan smartphone Nokia Lumia 900 yang menjalankan OS Windows Phone 7.8 (non-final). Versi Windows Phone ini memiliki tampilan home screen yang sama dengan Windows Phone 8.

Seperti dilaporkan SlashGear, tampilan home screen ala Windows Phone 8 tersebut terdiri atas kolom-kolom ("tile") dengan ukuran berbeda-beda, besar dan kecil. Kolom tile yang tadinya berjumlah dua baris ditambahkan menjadi hingga menjadi empat baris.

Ukuran Live Tile yang menyajikan update informasi secara langsung kini bisa diatur oleh pengguna. Ukuran tile sendiri tersedia dalam tiga pilihan: single wide double wide, dan shortcut kecil.

Posisi tile juga dapat dipindah-pindahkan sehingga membentuk tampilan yang berbeda-beda dan terkesan lebih dinamis.

Walaupun memberi update tampilan ala Windows Phone 8 untuk perangkat yang telah ada, keputusan Microsoft untuk tidak memberikan opsi upgrade ke sistem operasi tersebut telah memicu kontroversi.

Dalam interview yang dipublikasikan oleh The Verge, Wakil Presiden Senior Manajemen Program dan Produk Nokia Kevin Shields berkilah, "Saya rasa konsumen pada umumnya mungkin tidak tahu tentang persoalan upgrade ini."

Shield mengatakan, nantinya perangkat-perangkat Windows Phone 7 lainnya juga akan menerima update ke Windows Phone versi 7.8.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X