Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nvidia Merespons Kegusaran Bapak Linux

Kompas.com - 22/06/2012, 16:42 WIB

KOMPAS.com - Produsen chip grafis Nvidia melayangkan jawaban atas tudingan soal sulitnya menggunakan produk buatan mereka di sistem operasi Linux. Tudingan tersebut dilontarkan oleh pencipta kernel Linux Linus Torvalds pada minggu lalu saat berbicara di Aalto Center for Entrepreneurship di Otaniemi, Finlandia.

Dalam jawabannya, Nvidia mengatakan bahwa perusahaan tersebut mendukung penggunaan chip grafis (GPU) GeForce miliknya di Linux melalui driver umum yang juga dipakai di platform lain, namun memang bukan didesain khusus untuk infrastruktur Linux.

Alasannya, kata Nvidia, adalah agar para pengguna Linux bisa mendapat dukungan produk-produk GPU baru, serta kesamaan dukungan driver dan kinerja OpenGL dengan driver versi Windows.

Humas Nvidia juga menerangkan bahwa pihaknya berpartisipasi secara aktif dalam pengembangan kernel Linux versi ARM untuk produk System-on-Chip Tegra 3 dari perusahaan asal Taiwan tersebut.

Sebelumnya, Linus Torvalds menuding Nvidia telah menganaktirikan Linux dengan tidak memberi dukungan penuh seperti sistem operasi Windows dan Mac OS. Padahal, menurut Torvalds, Nvidia berutang budi pada Linux karena telah mendompleng sistem operasi Android yang berbasis kernel Linux untuk masuk ke kancah persaingan produk mobile.

Torvalds sempat menumpahkan kekesalannya dengan mengacungkan jari tengah ke arah kamera dan melontarkan kata-kata kasar yang ditujukan buat Nvidia.

Jawaban lengkap dari humas Nvidia dapat dibaca di link berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com