Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nvidia Merespons Kegusaran Bapak Linux

Kompas.com - 22/06/2012, 16:42 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Produsen chip grafis Nvidia melayangkan jawaban atas tudingan soal sulitnya menggunakan produk buatan mereka di sistem operasi Linux. Tudingan tersebut dilontarkan oleh pencipta kernel Linux Linus Torvalds pada minggu lalu saat berbicara di Aalto Center for Entrepreneurship di Otaniemi, Finlandia.

Dalam jawabannya, Nvidia mengatakan bahwa perusahaan tersebut mendukung penggunaan chip grafis (GPU) GeForce miliknya di Linux melalui driver umum yang juga dipakai di platform lain, namun memang bukan didesain khusus untuk infrastruktur Linux.

Alasannya, kata Nvidia, adalah agar para pengguna Linux bisa mendapat dukungan produk-produk GPU baru, serta kesamaan dukungan driver dan kinerja OpenGL dengan driver versi Windows.

Humas Nvidia juga menerangkan bahwa pihaknya berpartisipasi secara aktif dalam pengembangan kernel Linux versi ARM untuk produk System-on-Chip Tegra 3 dari perusahaan asal Taiwan tersebut.

Sebelumnya, Linus Torvalds menuding Nvidia telah menganaktirikan Linux dengan tidak memberi dukungan penuh seperti sistem operasi Windows dan Mac OS. Padahal, menurut Torvalds, Nvidia berutang budi pada Linux karena telah mendompleng sistem operasi Android yang berbasis kernel Linux untuk masuk ke kancah persaingan produk mobile.

Torvalds sempat menumpahkan kekesalannya dengan mengacungkan jari tengah ke arah kamera dan melontarkan kata-kata kasar yang ditujukan buat Nvidia.

Jawaban lengkap dari humas Nvidia dapat dibaca di link berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.