Windows 8 dan Windows Phone 8 Berbagi 'Kernel'

Kompas.com - 24/06/2012, 07:33 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sistem operasi Windows Phone 8 (WP8) akan memiliki inti program (kernel) yang sama dengan Windows 8 untuk komputer desktop dan tablet. Tujuannya adalah menyatukan franchise sistem operasi Windows dari semua jenis perangkat.

Dengan cara itu, pengguna bisa memiliki pilihan perangkat (smartphone, tablet) yang lebih banyak dan bisa lebih mudah menggunakan aplikasi yang sama di beberapa perangkat berbeda.  

Microsoft berharap pemakaian inti program yang sama antara sistem operasi Windows di komputer desktop, smartphone, dan tablet akan memudahkan developer dalam membuat aplikasi yang bisa berjalan di semua platform tersebut dengan menerapkan penyesuaian minimal.

Langkah ini dimaksudkan sebagai strategi dalam menghadapi platform iOS dan Android yang lebih matang di industri perangkat mobile.

Sampai sekarang, platform Windows Phone yang hanya memiliki sekitar 100.000 aplikasi masih tertinggal dibanding perangkat Apple dan Android yang menyediakan jumlah aplikasi gabungan sekitar 500.000

Rabu (20/6/2012) kemarin, operasi Windows Phone 8 untuk smartphone telah resmi diumumkan oleh Microsoft. Sistem operasi ini menggunakan tampilan antarmuka "Metro" yang sama dengan Windows 8 versi desktop dan tablet.

Windows 8 versi desktop rencananya akan dirilis bulan Oktober mendatang.

Microsoft telah menginvestasikan miliaran dollar -termasuk dalam perjanjian kerja sama dengan Nokia- dalam usahanya menembus pasar smartphone dunia. Hingga saat ini, Microsoft baru berhasil meraih pangsa pasar global sebesar 2 persen, dibandingkan Android yang memiliki penguasaan sebesar 56 persen dan Apple dengan 23 persen.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X