Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga 'Solid State Drive' Mulai Turun

Kompas.com - 26/06/2012, 07:10 WIB

KOMPAS.com - Salah satu alasan perangkat Ultrabook masih dibanderol dengan harga yang cukup tinggi adalah harga media penyimpannya, yaitu solid state drive (SSD) yang masih mahal.

Namun, ada berita gembira untuk yang sedang mengincar Ultrabook tapi terkendala dengan dana, SSD generasi terbaru harganya akan lebih murah dari SSD sebelumnya.

Berdasarkan studi dari Tech Report menjelaskan beberapa perusahaan kini sudah mulai memproduksi SSD dengan harga yang relatif lebih murah dari sebelumnya. Jika ini terjadi, maka harga SSD lama akan anjlok secara otomatis.

Studi tersebut menganalisis data harga SSD dari beragam vendor mulai dari awal 2011 hingga Juni 2012. Hasilnya, harga rata-rata SSD sudah mulai turun hingga 48 persen selama setahun lalu. Kompilasi data dilakukan oleh lembaga Camelegg.

Dengan harga SSD yang lebih murah nanti dan tren menurunnya harga SSD saat ini terus berlanjut, maka vendor PC yang memproduksi Ultrabook bisa membuat perangkat tersebut lebih murah dari harga saat ini.

Berikut rata-rata biaya per-gigabyte SSD selama seminggu terakhir di Juni 2012:

SSD

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com