Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiru Strategi Apple, Microsoft Dikecam Acer

Kompas.com - 26/06/2012, 08:08 WIB

KOMPAS.com — Para mitra produsen perangkat keras Microsoft menyambut baik kedatangan tablet Surface pekan lalu. Namun, ada satu mitra yang melontarkan kritik karena Microsoft membuat tablet sendiri.

Produsen perangkat keras (hardware) komputer Acer menjadi satu-satunya mitra bisnis yang mengkritik strategi bisnis Microsoft ini. "Saya tidak berpikir itu akan berhasil karena Anda tidak bisa menjadi pemain hardware dengan dua jenis produk," kata Wakil Presiden Acer Oliver Ahrens kepada Reuters.

Pernyataan Ahrens menunjukkan sikap yang agak marah. Ia menyebut Microsoft sedang meniru strategi Apple, yang mengontrol hardware dan software serta memberi kuasa penuh atas kedua arah platform dan keuntungan. Ahrens menilai strategi yang telah lama dilakukan Apple ini tak akan sukses jika dilakukan Microsoft.

Ia ingin melihat Microsoft fokus pada pengalaman pengguna dalam menjalankan sistem operasi Windows 8 dan berhenti membuat hardware sendiri.

"Saya khawatir ini akan membuat ketidakfokusan dalam internal Microsoft, lalu kami harus menderita karena kami bekerja dengan produk mereka," katanya.

Keputusan Microsoft membuat tablet sendiri membuat mereka harus bersaing langsung dengan para mitra hardware yang berniat membuat tablet Windows 8.

Hardware besutan Microsoft yang terbilang sukses sampai hari ini adalah konsol game Xbox. Microsoft tidak mujur ketika mengembangkan pemutar musik digital Zune dan ponsel Kin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com