Tiru Strategi Apple, Microsoft Dikecam Acer

Kompas.com - 26/06/2012, 08:08 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Para mitra produsen perangkat keras Microsoft menyambut baik kedatangan tablet Surface pekan lalu. Namun, ada satu mitra yang melontarkan kritik karena Microsoft membuat tablet sendiri.

Produsen perangkat keras (hardware) komputer Acer menjadi satu-satunya mitra bisnis yang mengkritik strategi bisnis Microsoft ini. "Saya tidak berpikir itu akan berhasil karena Anda tidak bisa menjadi pemain hardware dengan dua jenis produk," kata Wakil Presiden Acer Oliver Ahrens kepada Reuters.

Pernyataan Ahrens menunjukkan sikap yang agak marah. Ia menyebut Microsoft sedang meniru strategi Apple, yang mengontrol hardware dan software serta memberi kuasa penuh atas kedua arah platform dan keuntungan. Ahrens menilai strategi yang telah lama dilakukan Apple ini tak akan sukses jika dilakukan Microsoft.

Ia ingin melihat Microsoft fokus pada pengalaman pengguna dalam menjalankan sistem operasi Windows 8 dan berhenti membuat hardware sendiri.

"Saya khawatir ini akan membuat ketidakfokusan dalam internal Microsoft, lalu kami harus menderita karena kami bekerja dengan produk mereka," katanya.

Keputusan Microsoft membuat tablet sendiri membuat mereka harus bersaing langsung dengan para mitra hardware yang berniat membuat tablet Windows 8.

Hardware besutan Microsoft yang terbilang sukses sampai hari ini adalah konsol game Xbox. Microsoft tidak mujur ketika mengembangkan pemutar musik digital Zune dan ponsel Kin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X