Gamer Korea Selatan Menang Atas Diablo III

Kompas.com - 26/06/2012, 13:45 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com – Kekecewaan gamer Korea Selatan akan performa Diablo III dan berakhir pada digrebeknya kantor perusahaan pembuat Diablo III, Blizzard, di Seoul akhirnya terbayarkan. Blizzard memberikan pengembalian uang penuh sesuai dengan hukum setempat mengenai perlindungan konsumen.

Gamer Korea Selatan yang ingin menukarkan Diablo III harus berada di bawah level 40. Kasarnya sekitar dua pertiga dari konten game telah dimainkan oleh gamer. Batas waktu pengembalian dimulai dari 25 Juni dan berakhir pada 3 Juli 2012. Setelah 3 Juli, pemain baru yang memiliki level di bawah 20 juga dapat menukarkan kembali gamenya dengan uang selama 14 hari dari tanggal pembelian.

Masalah yang dihadapi Diablo III bermula dari keluhan pemain yang membeli game tersebut. Akibat salahnya perkiraan Blizzard dalam mengantisipasi jumlah pemain dari Asia, terutama Korea Selatan, pemain mengalami kesulitan untuk terhubung dengan server game. Diablo III merupakan game yang harus terus terhubung dengan internet untuk dapat dimainkan.

Pemain yang tidak puas dengan kinerja Blizzard tersebut meminta uangnya kembali sesuai dengan hukum perlindungan konsumen di Korea Selatan. Namun, Blizzard menolak klaim mereka karena adanya aturan perusahaan untuk tidak memberikan uang kembali untuk game yang telah diaktivasi alias dimainkan.

Keluhan tersebut ditanggapi badan perdagangan Korea Selatan Fair Trade Commission (FTC) dengan serius. Akibatnya, terjadi penggrebekan FTC pada markas besar Blizzard di Seoul. Sejumlah dokumen dan barang bukti disita untuk penyelidikan. Langkah FTC ini membuka mata Blizzard untuk tidak main-main dengan keluhan konsumen di negara tersebut. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.