Kompas.com - 27/06/2012, 18:14 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Teknologi yang digunakan Samsung, baik di ponsel maupun tablet, terus dipermasalahkan oleh Apple.

Kali ini yang kena getahnya adalah tablet Samsung Galaxy Tab 10.1. Dalam sebuah pengadilan, seorang hakim memerintahkan Samsung untuk menghentikan sementara penjualan tablet tersebut di AS, pada Selasa (26/6/2012).

Perintah ini dikeluarkan hakim berkaitan dengan tuntutan Apple yang menganggap Galaxy Tab 10.1 telah mencontek iPad.

Apple mengklaim tablet buatan Samsung tersebut menggunakan paten desain yang sama dengan yang digunakan tablet besutan mereka.

Hakim distrik AS, Lucy Koh, mengatakan bahwa atas tuntutan ini, kemungkinan besar Apple akan menang.

Pada pengadilan sebelumnya, Koh mengatakan bahwa dua produk tersebut (iPad dan Galaxy Tab 10.1) "hampir tidak bisa dibedakan". Namun waktu itu (Desember 2011), ia menolak untuk mengeluarkan perintah penghentian penjualan Galaxy Tab 10.1.

Atas saran pengadilan banding federal yang juga sedang menangani kasus paten Apple dan Samsung, Koh mengubah keputusannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Samsung memiliki hak untuk berkompetisi. Namun, mereka tidak memiliki hak untuk bersaing secara tidak adil, membanjiri pasar dengan produk yang melanggar," tulis Koh. Dia mengatakan bahwa Apple akan dirugikan jika penjualan Galaxy Tab 10.1 terus berlanjut.

Pihak Samsung mengatakan kecewa atas keputusan pengadilan ini.

"Kami akan mengambil langkah hukum yang diperlukan dan tidak mengharapkan bahwa keputusan itu memiliki dampak yang signifikan terhadap kelangsungan bisnis kami karena kami memiliki beragam produk Galaxy Tab," menurut Samsung dalam sebuah pernyataan.

Keputusan itu adalah bagian kecil dari pertempuran paten yang lebih besar di antara dua raksasa teknologi tersebut. Kedua pihak dijadwalkan untuk bertemu di pengadilan bulan depan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.