Google Simulasikan Otak Manusia dengan 1.000 Komputer

Kompas.com - 28/06/2012, 09:34 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Berapa banyak komputer yang diperlukan untuk mengenali seekor kucing? Jawabannya adalah seribu komputer dengan prosesor 16.000 inti (core).

Itulah, antara lain, yang ditemukan oleh tim peneliti di fasilitas rahasia "X Laboratory" milik Google. X Laboratory adalah tempat Google menciptakan konsep-konsep inovatif, seperti kacamata augmented reality Google Googles.

Sebanyak 16.000 inti prosesor dalam 1.000 komputer tersebut disambungkan membentuk neural network menggunakan lebih dari 1 miliar koneksi untuk menyimulasikan cara kerja otak manusia.

Tim X Laboratory kemudian "melepas" komputer super ini di internet. Saat berhadapan dengan lebih dari 10 juta file video digital di YouTube, otak sintetis bikinan Google ini berhasil mengenali bentuk fisik kucing dalam video.

Padahal, komputer tersebut sebelumnya sama sekali tidak tahu-menahu soal kucing. "Kami tak pernah mengajarinya tentang kucing," ujar anggota tim peneliti Google, Jeff Dean, seperti dilansir oleh New York Times.

Tak seperti studi sebelumnya yang melibatkan panduan dan pengawasan dari manusia, kali ini komputer dibiarkan mengambil inisiatif sendiri untuk mengenali obyek.

Komputer Google menyusun citra digital dari seekor kucing dengan memakai susunan hierarki lokasi ingatan untuk menarik sebuah ciri-ciri umum setelah dihadapkan dengan jutaan gambar.

Cara kerja software komputer ini sengaja dibuat untuk meniru teori biologi yang mengatakan bahwa tiap sel neuron "dilatih" di dalam otak untuk mengenali obyek tertentu.

Komputer tersebut dikatakan memiliki tingkat akurasi 15,8 persen dalam mengidentifikasi 20.000 kategori obyek. Angka tersebut diklaim para peneliti 70 persen lebih baik dari studi sebelumnya.

Tujuan akhir dari proyek ini adalah menciptakan komputer yang bisa belajar menganalisis data dan mengenali pola serta tren di dalamnya tanpa intervensi manusia. Dengan begitu, hal-hal seperti pendeteksian wajah dapat dilakukan tanpa perlu memberitahu komputer bahwa obyek di depannya adalah sebuah wajah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.