Tokoon.com, Menjamin Keamanan Transaksi

Kompas.com - 29/06/2012, 00:00 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Kemajuan teknologi memberikan kemudahan dalam mengakses situs di berbagai perangkat komunikasi. Hasilnya, banyak orang jadi lebih memilih untuk berbelanja melalui internet atau online shopping.
Sayangnya, konsumen masih sering dihadapkan pada masalah keamanan dalam transaksi pembelian secara online, dan kesesuaian produk yang dibeli.

"Tren belanja melalui internet meningkat dari waktu ke waktu. Namun, di sisi lain, bisnis ini membutuhkan tingkat kepercayaan yang tinggi karena transaksi terjadi tanpa bertemu," tukas Ridwan F. Karsa, Direktur Utama IM2, di Balai Sarwono, Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Kamis (28/6/2012).

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan toko online yang aman, PT Indosat Mega Media (IM2) meluncurkan sebuah toko online baru yang bernama Tokoon.com. Situs e-commerce ini menyediakan berbagai produk fashion, elektronik, warisan budaya (berupa produk kuliner, kerajinan tangan, alat musik, hingga pakaian adat), reservasi online (tiket, restoran, hotel), konten digital, pertanian, dan lain-lain.

Kemudahan yang ditawarkan bagi pengguna antara lain biaya registrasi, administrasi, dan iuran bulanan bagi pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang menjual produknya di Tokoon.com. Sebagai penjual, Anda akan mendapatkan kapasitas web hosting gratis sampai 1GB. Setiap orang dapat melakukan transaksi dengan menjadi pembeli ataupun penjual di situs ini.

"Selain itu para penjual juga akan mendapatkan freemium (layanan pembuatan nama situs yang terintegrasi antara toko online dengan nama sub domain pilihan sendiri) domain nama usaha, sehingga mereka juga bisa mendapatkan nama usaha mereka sendiri seperti 'namausaha.tokoon.com'," jelas Ir Emilia Suhaemi, MM, Asisten Deputi Produktivitas Mutu Kementerian Koperasi dan UKM, saat peluncuran Tokoon.com di Balai Sarwono, Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Kamis (28/06/2012).

Sesuai tagline-nya yang berbunyi "Toko Nyaman Transaksi Aman", Tokoon.com menawarkan berbagai keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Situs ini akan melakukan verifikasi terhadap setiap merchant yang akan menjual produknya. Selain itu, mereka juga menjamin keamanan transaksi yang terjadi, baik melalui transfer bank, kartu kredit, dan juga mobile wallet, yang memungkinkan Anda bertransaksi melalui ponsel.

"Transaksi juga lebih nyaman karena tersedia fasilitas otomatisasi perhitungan ongkos kirim dan tracking resi pengiriman. Sehingga setiap kali ada pembeli yang melakukan transaksi, sudah terhitung ongkos kirimnya sekaligus," tambah Emilia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika terjadi pembelian, pihak jasa pengiriman akan mengambil barang ke tempat penjual dan mengirimkannya langsung kepada pembeli.

Sampai sekarang, tercatat sudah lebih dari 100 UKM yang tergabung dalam situs ini. Kebanyakan produk yang ditawarkan merupakan produk buatan lokal. Contohnya, Izzi Shoes yang menjual koleksi sepatu flat modifikasi, butik Baidho yang menawarkan koleksi busana batik dan kebaya, beberapa UKM yang menjual aneka makanan tradisional seperti rendang, sampai ragam kerajinan tangan.

Dengan menggandeng Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Tokoon.com lebih menyasar kepada koperasi dan UKM. "Bagi pelaku industri dari kalangan UKM, kehadiran situs ini membantu bisnis mereka, dan memperluas jaringan pemasaran melalui toko online yang mudah dan aman," ungkap Thalhah Fakhrizal, General Manager Adjacent Business Development IM2.

Selain memberikan kemudahan layanan online kepada UKM dan koperasi, Tokoon.com dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah akan mengadakan pendampingan bisnis yang menitikberatkan pada usaha pengembangan koperasi serta usaha kecil dan menengah melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.