Google Chrome Hadir di iPad dan iPhone

Kompas.com - 01/07/2012, 15:59 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Setelah hadir di perangkat Android, browser Google Chrome kini juga tersedia di perangkat iOS, baik iPad maupun iPhone. Otomatis, Chrome akan langsung bersaing dengan browser bawaan Apple, Safari.

Google Chrome untuk perangkat iOS ini dirilis bertepatan saat Google meluncurkan tablet Google Nexus 7 di konferensi pengembang aplikasi Google I/O. Google mengaku telah menyiapkan browser ini sejak lama.

Vice President of the Chrome division di Google Brian Rakowski menjelaskan pengguna iOS pasti tidak sabar menanti kehadiran Google Chrome di iOS. Sebelumnya,banyak penggemar perangkat Apple yang konon telah meminta Google Chrome hadir di perangkat iOS.

Aplikasi Google Chrome di iOS ini juga akan mendukung Chrome Sync. Namun sepertinya Chrome di iOS bakal memiliki fitur yang lebih canggih dibanding Chrome yang saat ini ada.

Sekadar catatan, popularitas Chrome di kalangan pengguna komputer desktop melampaui browser lainnya, seperti Firefox dan Safari.

Akan tetapi, Apple sudah memastikan bahwa browser Safari miliknya akan tetap dipakai oleh pengguna iPhone, iPad, dan iPod Touch. Aplikasi pihak ketiga seperti Google Chrome tidak diizinkan menjadi program default dalam membuka dokumen atau tautan dalam iOS. Akibatnya, saat membuka link internet, aplikasi yang akan aktif adalah Safari, bukan browser lain.

Cara serupa pernah dilakukan oleh Microsoft di akhir dekade 1990-an dengan memaketkan Internet Explorer (IE) sebagai browser standar Windows. Hal tersebut berdampak buruk pada saingan utama IE saat itu, Netscape Navigator.

Google Chrome untuk iOS bisa diunduh di sini.

Berikut screenshot Google Chrome untuk iOS:

 chrome 1

chrome 2

chrome 3

chrome 4

 

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X