Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gmail Jadi Raja "E-mail" Dunia dengan 425 Juta Pengguna

Kompas.com - 02/07/2012, 07:42 WIB

KOMPAS.com — Gmail berhasil menjadi raja dalam layanan e-mail global, bahkan telah mengalahkan Hotmail. Pada Jumat (28/6/2012), Google mengumumkan bahwa Gmail telah memiliki 425 juta pengguna aktif bulanan.

Dirilis kali pertama pada tahun 2004, Gmail merupakan layanan e-mail termuda jika dibandingkan kompetitor kuat seperti Hotmail dan Yahoo Mail.

Perkembangan Gmail memang signifikan jika dilihat dari data internal Google. Pada Januari 2012 lalu, Google mengumumkan ada 350 juta pengguna aktif bulanan di Gmail. Dengan ini, Gmail mengalami kenaikan jumlah pengguna mencapai 75 juta orang selama lebih kurang 5 bulan.

Pada Juli 2011, bulan ketika Hotmail merayakan ulang tahun ke-15, Microsoft mengumumkan bahwa Hotmail memiliki 360 juta pengguna unik per bulan. Hingga kini Microsoft belum merilis data resmi terbaru pengguna Hotmail, begitu pula dengan Yahoo.

Namun, jika melihat data dari pihak ketiga, jumlah pengguna Gmail belum menggeser posisi Hotmail dan Yahoo.

Perusahaan analis situs comScore menyebut bahwa Hotmail masih menempati tampuk kepemimpinan tertinggi untuk layanan e-mail dengan 325 juta pengunjung unik.

Posisi kedua ditempati Yahoo dengan 298 juta pengguna, dan barulah Gmail membayang-bayangi di posisi ketiga dengan 289 juta pengguna.

Vice President comScore Andrew Lipsman mengatakan, data perusahaannya berdasarkan penghitungan terhadap pengunjung unik global "pengguna rumahan dan bisnis".

Namun, comScore tidak menghitung penggunaan e-mail dari smartphone atau yang diakses dengan koneksi internet Wi-Fi di kafe, misalnya. "Ada beberapa pengguna yang memang tidak ikut dihitung," Lipsman mengakui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com