Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HP Urung Bikin Tablet Windows Berbasis ARM

Kompas.com - 03/07/2012, 10:04 WIB

KOMPAS.com - Hewlett Packard (HP) akhirnya membatalkan tablet Windows RT berarsitektur ARM yang rencananya akan dirilis akhir tahun ini. Alasannya, HP lebih ingin fokus pada tablet dengan chip dengan platform x86.

Berdasarkan informasi dari lembaga SemiAccurate, pembatalan rencana peluncuran tablet Windows RT lebih disebabkan karena Microsoft telah lebih dahulu merilis tablet besutannya sendiri, Surface. Namun, alasan pembatalan ini dibantah langsung oleh pihak HP.

Selain HP, SemiAccurate ini juga mendengar bahwa hampir semua vendor original equipment manufacturer (OEM) sedang mengenyampingkan satu atau beberapa desain (Windows RT) dan sebagian memperbarui dengan Android.

Microsoft dikabarkan memiliki active roll untuk membantu mitra pengembang tablet Windows RT. Raksasa software ini kemudian diduga memanfaatkan kelemahan dari desain mereka sambil mengambil keuntungan dari fitur mereka yang paling inovatif untuk menciptakan pesaing langsung.

Microsoft juga akan dapat menetapkan harga tablet yang jauh lebih rendah dibandingkan yang lain, karena tidak membayar biaya lisensinya sendiri.

Juru bicara HP yang berbasis di Palo Alto California, Marlene Somsak menjelaskan HP telah sepakat membatalkan rencana peluncuran tablet Windows RT. Bahkan, keputusan untuk menghindari ARM dibuat sebelum Microsoft memperkenalkan tablet Surface.

"Keputusan pembatalan memakai ARM lebih kepada masukan dari pelanggan. Ekosistem yang kuat di x86 akan memberikan pengalaman terbaik saat ini dan nanti," kata Somsak.

Dengan keputusan ini, akan menambah keuntungan bagi Intel maupun Advanced Micro Devices Inc (AMD) yang sama-sama memproduksi chip x86.

Di sisi lain, bila benar HP akan menghentikan kerjasamanya dengan ARM, maka akan memberikan kemunduran tersendiri bagi ARM. Hal itu disebabkan ARM sampai saat ini tidak memiliki perangkat teknologi yang bisa dijual ke vendor PC.

Meski saat ini, ada rencana dari vendor Asus, Acer, Toshiba, Lenovo, Samsung maupun Dell yang ingin membuat tablet Windows 8 berbasis ARM.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com