Nokia Sudah Siapkan "Plan B" jika Windows Phone Gagal

Kompas.com - 03/07/2012, 10:27 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Nokia telah memilih Windows Phone sebagai platform ponselnya, dengan bekerjasama dengan Microsoft. Ponsel seri Lumia menjadi produk andalan dari kerja sama tersebut, meski hingga kini belum memperlihatkan hasil yang positif.

Jika Windows Phone gagal, apa rencana Nokia selanjutnya?

Hingga saat ini, Nokia dan Microsoft masih kukuh menggenggam komitmen untuk melanjutkan kerjasama membuat ponsel Windows Phone (WP). Kedua perusahaan ini juga terus berkomitmen ingin mengalahkan dominasi ponsel iOS Apple maupun Google Android.

Namun saat Microsoft mulai memperkenalkan Windows Phone 8 dan semua ponsel Nokia yang memakai OS WP7 tidak mendapatkan upgrade ke WP8, Nokia pun mulai mempertimbangkan kerjasama eksklusifnya dengan Microsoft.

Situs YLS Uutiset mewawancarai Chairman Nokia yang baru, Risto Siilasmaa. Dia menjelaskan akan menyiapkan rencana cadangan atau "plan B" untuk menjamin kelangsungan hidup perusahaan.

Hingga saat ini, Siilasmaa tetap yakin Nokia akan berhasil dengan Windows Phone. Tapi vendor asal Finlandia ini juga tengah bersiap atas segala kemungkinan terburuk.

"Yang jelas bukan kembali ke Symbian, itu sudah pasti. Symbian kini sudah memiliki pangsa pasar mendekati nol," kata Siilasmaa.

Jika bukan Symbian, apakah lantas Nokia akan memilih mempertimbangkan Android sebagai OS ponselnya mendatang? Siilasmaa enggan menjawabnya.

Analis berpendapat jika Nokia sejak tiga tahun lalu mau memakai Android, nasibnya mungkin tidak akan terpuruk seperti sekarang.

Saat ini, Nokia tengah mati-matian mempertahankan seri Lumia yang tidak mendapatkan upgrade Windows Phone terbaru dari Microsoft. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.