Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nintendo 3DS Paling Laku, Disusul PS3 dan PSP

Kompas.com - 03/07/2012, 14:42 WIB

KOMPAS.com – Besarnya keinginan gamer untuk membeli perangkat game handheld masih luar biasa tinggi. Hal ini terbukti dengan masih besarnya dominasi penjualan perangkat handheld dari Nintendo, yaitu Nintendo 3DS, salah satunya di Jepang.

Laporan penjualan perangkat mesin game hingga pertengahan 2012 memperlihatkan Nintendo 3DS masih menjadi nomor satu dengan jumlah penjualan hingga 2.219.548 unit.

Dengan ini, total penjualan mesin game handheld ini semenjak ia diluncurkan mencapai lebih dari 6 juta unit.

Tempat kedua diraih mesin game PlayStation 3 dengan jumlah penjualan 695.465 unit. Hampir tiga kali lipat lebih rendah dibandingkan Nintendo 3DS. Sedangkan tempat ketiga diraih PlayStation Portable dengan jumlah 500.333 unit.

Perangkat terbaru dari Sony yang digemborkan sebagai handheld gaming tercanggih saat ini – PlayStation Vita – malah berada di bawah pendahulunya dengan jumlah 353.657 unit. Tampaknya kepercayaan gamer Jepang terhadap Vita masih begitu kecil.

PlayStation Vita dikejar oleh Nintendo Wii dengan jumlah 265.578 unit. Mesin game dari Microsoft yang populer di dunia barat, Xbox 360, justru terpuruk di bawah Wii dengan jumlah 33.809 unit. Tempat terakhir dipegang oleh perangkat handheld Nintendo sebelum 3DS, yaitu Nintendo DS, dengan jumlah perolehan penjualan 20.239 unit.

Dari daftar penjualan tersebut terlihat jelas bahwa Nintendo 3DS masih menjadi raja di negara bunga Sakura tersebut. Begitu banyaknya game 3DS yang menarik di Jepang serta beragam paket pendukung game dalam bentuk teknologi Augmented Reality memperkuat posisi Nintendo 3DS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com