Kompas.com - 04/07/2012, 07:29 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Apple berhasil memenangkan putusan sementara untuk melarang penjualan smartphone Galaxy Nexus di Amerika Serikat. Untuk kasus ini, tampaknya Samsung tak sendirian karena Google telah menyatakan sikap untuk membantu Samsung.

Harian Korea Times melaporkan, Google akan membantu Samsung untuk melawan Apple. Sebab, smartphone Galaxy Nexus merupakan produk hasil kerja sama antara Google dan Samsung. Perusahaan asal Korea Selatan itu telah mengajukan banding atas kasus ini, Rabu (27/6/2012).

"Masih terlalu dini untuk mengomentari rencana permainan kami (Samsung dan Google) dalam pertempuran hukum, tapi kami akan melakukan yang terbaik untuk mendapatkan royalti lebih dari Apple, yang telah memanfaatkan teknologi kami," kata juru bicara Samsung.

Ini merupakan pernyataan atau pengakuan pertama Samsung bahwa Google akan membantu mereka terkait sengketa paten teknologi dengan Apple.

Dengan bergabungnya Google, lanjut juru bicara Samsung, pertarungan hukum ini akan lebih dramatis dan ada kemungkinan "gencatan senjata" dalam bentuk kesepakatan lisensi silang.

Samsung sendiri telah menuntut Apple untuk membayar 2,4 persen dari harga eceran iPhone dan iPad karena keduanya telah menggunakan teknologi Samsung. Apple menilai angka yang diajukan Samsung berlebihan.

Apple telah mengibarkan bendera perang paten dengan Samsung sejak 2010, yang berlangsung di empat benua. Apple menuding tablet dan smartphone keluarga Galaxy menyontek desain dan teknologi software iPad dan iPhone.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tak hanya dengan Samsung, Apple juga sedang bertarung dengan Motorola dan sebelumnya juga pernah menggugat HTC.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.