Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Pakai Windows 8, Cukup Sediakan Rp 370.000

Kompas.com - 04/07/2012, 16:18 WIB

KOMPAS.com — Sistem operasi besutan Microsoft yang rencananya akan dirilis pada Oktober ini, Windows 8, akan tersedia seharga 40 dollar AS atau sekitar Rp 370.000. Ini harga khusus untuk opsi upgrade untuk pemilik Windows asli versi sebelumnya.

Seperti dilansir oleh Brandon LeBlanc dalam The Windows Blog, promo upgrade ini tersedia untuk pengguna di 131 negara, termasuk di Indonesia.

Adapun sistem operasi yang bisa di-upgrade ke Windows 8 adalah Windows XP, Vista, dan 7. Versi Windows 8 yang dijadikan opsi upgrade adalah Windows 8 Pro. Promo upgrade akan berlangsung hingga tanggal 31 Januari 2013.

Promo upgrade akan mulai berlaku begitu Windows 8 resmi tersedia. Untuk melakukan upgrade, pengguna Windows XP, Vista, dan 7 bisa mengunjungi situs microsoft.com untuk membeli upgrade Windows 8 dan melakukan instalasi dengan panduan Windows 8 Upgrade Assistant. Hingga lima kopi upgrade Windows 8 bisa dibeli, masing-masing dengan harga 40 dollar AS.

Untuk pengguna yang lebih suka dengan cara upgrade konvensional, paket upgrade Windows 8 ini juga akan tersedia dalam bentuk DVD dengan harga 70 dollar AS.

Yang menarik, promo upgrade Windows 8 ini juga dapat dipakai untuk upgrade ke Windows 7 Professional, misalnya untuk pengguna Windows XP, karena versi Windows 8 Pro datang dengan Downgrade Rights, yang memungkinkan pengguna menginstal versi Windows yang lebih lawas.

Langkah Microsoft ini mirip dengan strategi Apple yang menawarkan opsi upgrade Mac OS dengan harga 20-30 dollar AS. Sebelumnya, opsi upgrade serupa pernah diterapkan Microsoft dengan Windows 7. Kala itu, Microsoft mematok harga 100 dollar AS untuk upgrade ke Windows 7 Professional.

Microsoft tidak menyebutkan berapa harga full-copy Windows 8 yang akan berlaku begitu masa promosi ini berakhir.

Raksasa software ini membutuhkan basis pengguna yang besar untuk menyakinkan para developer aplikasi agar membuat software yang optimal untuk interface Metro pada Windows 8.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com