11 Paten Apple dan Microsoft yang Dilanggar Android

Kompas.com - 06/07/2012, 08:27 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Sistem operasi mobile besutan Google, Android, dan para produsen ponselnya kerap terlibat dalam kasus hukum sengketa hak paten. Yang paling santer terdengar adalah perang paten antara Apple dan Samsung, yang berlangsung sejak 2010 di sejumlah negara.

Bukan hanya Apple yang sering menggugat, perusahaan software Microsoft pun beberapa kali menggugat produsen Android.

Sebenarnya, paten apa saja yang dipermasalahkan Apple dan Microsoft? Seorang aktivis hak kekayaan intelektual, Florian Mueller, yang memiliki blog paten teknologi FOSS Patent, membuat daftar 11 paten Apple dan Microsoft yang dianggap dilanggar oleh Android.

1. Patent EP2059868: Portable electronic device for photo management

Ini merupakan paten yang menjelaskan tentang metode geser jari untuk melihat foto-foto di Gallery. Dengan paten ini, Apple menggugat Samsung di Pengadilan Kota Den Haag, Belanda, pada 24 Agustus 2011. Apple juga menggugat Motorola Mobility di Pengadilan Daerah Munich, Jerman, pada Maret 2012.

2. U.S. Patent No. 7,469,381: List scrolling and document translation, scaling, and rotation on a touch-screen display

Pengguna Android tentu pernah menggunakan aplikasi e-mail yang jika ingin me-refresh pesan, bisa dilakukan dengan cara menggulirkan jari ke arah bawah layar sentuh smartphone. Dengan cara ini, pesan-pesan terbaru akan muncul.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Paten ini sebenarnya dimiliki oleh Apple, dan Samsung disebut menggunakannya tanpa izin. Proses peradilan soal paten ini berlangsung di Pengadilan Distrik California Utara, Amerika Serikat, dan menyatakan Samsung melanggar paten tersebut pada 2 Desember 2011.

3. U.S. Design Patent No. D618,677: Electronic device

Ini merupakan paten umum yang terkait desain iPhone. Apple berkali-kali menyebut smartphone dan tablet keluarga Galaxy menyontek desain iPhone dan iPad. Perang paten soal desain berlangsung sejak 2 Desember 2011 di Pengadilan Distrik California Utara, Amerika Serikat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X