Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Kualitas, XL Incar Kanal 3G Berdampingan

Kompas.com - 06/07/2012, 09:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator telekomunikasi XL Axiata mengincar kanal 11 pada lelang frekuensi 3G di pita 2,1 GHz akhir Juli mendatang. Hal itu disebabkan XL Axiata saat ini sudah memiliki tempat di kanal 9 dan 10.

Presiden Direktur XL Axiata Hasnul Suhaimi menjelaskan kebutuhan tambahan kanal 3G saat ini cukup mendesak. Alasannya, dengan jumlah pelanggan XL Axiata saat ini sebesar 46,4 juta, maka diperlukan tambahan kanal 3G untuk meningkatkan kualitas jaringan.

"Memang saat ini masih cukup. Tapi di tahun mendatang, kebutuhan tambahan kanal 3G akan sangat diperlukan. Di antara dua kanal yang dilelang itu, kami ingin salah satu. Kalau bisa berdampingan," kata Hasnul selepas membuka rombongan acara uji jaringan XL Xensasi NetRally Jakarta-Yogyakarta di Stasiun Gambir Jakarta, Jumat (6/7/2012).

Meski lelang kanal 3G sempat mundur dari rencana semula April 2012 hingga menjadi akhir Juli 2012, Hasnul menganggap bahwa hal tersebut tidak akan berpengaruh terhadap kualitas jaringannya saat ini.

Dengan jumlah pelanggan 46,4 juta dan dua kanal 3G yang saat ini dimiliki, kapasitas jaringan XL Axiata masih bisa menampung hingga dua kali lipat trafik data dari trafik data saat ini. Untuk SMS dan voice, kapasitas jaringan XL Axiata juga sanggup menampung sekitar hingga 3 kali lipat dari trafik saat ini.

"Tidak apa-apa mundur. Mungkin pemerintah masih belum yakin," tambah Hasnul.

Namun khusus kanal 12, kanal tersebut masih terkena gangguan interferensi akibat berdekatan dengan kanal milik Smartfren Telekom di pita 2,3 GHz. Bila pemenang lelang mendapatkan kanal 12 tersebut, maka operator harus menyediakan biaya investasi filter untuk membersihkannya.

"Jika sampai kami mendapat kanal 12, maka harus menyediakan dana untuk memasang filter. Tapi sampai ini belum diketahui biaya investasinya, tergantung dari jumlah node-nya," katanya.

Saat ini, pemerintah akan melelang frekuensi 3G kanal 11 dan 12. Ada empat operator yang sempat melakukan penawaran lelang. Mereka adalah Telkomsel, XL Axiata, Axis Telekom Indonesia dan Hutchison CP (3).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com