Kompas.com - 06/07/2012, 09:19 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator telekomunikasi XL Axiata mengincar kanal 11 pada lelang frekuensi 3G di pita 2,1 GHz akhir Juli mendatang. Hal itu disebabkan XL Axiata saat ini sudah memiliki tempat di kanal 9 dan 10.

Presiden Direktur XL Axiata Hasnul Suhaimi menjelaskan kebutuhan tambahan kanal 3G saat ini cukup mendesak. Alasannya, dengan jumlah pelanggan XL Axiata saat ini sebesar 46,4 juta, maka diperlukan tambahan kanal 3G untuk meningkatkan kualitas jaringan.

"Memang saat ini masih cukup. Tapi di tahun mendatang, kebutuhan tambahan kanal 3G akan sangat diperlukan. Di antara dua kanal yang dilelang itu, kami ingin salah satu. Kalau bisa berdampingan," kata Hasnul selepas membuka rombongan acara uji jaringan XL Xensasi NetRally Jakarta-Yogyakarta di Stasiun Gambir Jakarta, Jumat (6/7/2012).

Meski lelang kanal 3G sempat mundur dari rencana semula April 2012 hingga menjadi akhir Juli 2012, Hasnul menganggap bahwa hal tersebut tidak akan berpengaruh terhadap kualitas jaringannya saat ini.

Dengan jumlah pelanggan 46,4 juta dan dua kanal 3G yang saat ini dimiliki, kapasitas jaringan XL Axiata masih bisa menampung hingga dua kali lipat trafik data dari trafik data saat ini. Untuk SMS dan voice, kapasitas jaringan XL Axiata juga sanggup menampung sekitar hingga 3 kali lipat dari trafik saat ini.

"Tidak apa-apa mundur. Mungkin pemerintah masih belum yakin," tambah Hasnul.

Namun khusus kanal 12, kanal tersebut masih terkena gangguan interferensi akibat berdekatan dengan kanal milik Smartfren Telekom di pita 2,3 GHz. Bila pemenang lelang mendapatkan kanal 12 tersebut, maka operator harus menyediakan biaya investasi filter untuk membersihkannya.

"Jika sampai kami mendapat kanal 12, maka harus menyediakan dana untuk memasang filter. Tapi sampai ini belum diketahui biaya investasinya, tergantung dari jumlah node-nya," katanya.

Saat ini, pemerintah akan melelang frekuensi 3G kanal 11 dan 12. Ada empat operator yang sempat melakukan penawaran lelang. Mereka adalah Telkomsel, XL Axiata, Axis Telekom Indonesia dan Hutchison CP (3).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.