Kompas.com - 06/07/2012, 14:53 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Gairah e-commerce di Indonesia yang makin tinggi dirayakan dengan sebuah kegiatan bernama Shop Fair. Ini menjadi semacam pekan raya yang mempertemukan pelaku bisnis dengan konsumen.

ShopFair akan diadakan pada 13-14 Juli 2012 di Epiwalk, Kuningan, Jakarta. Acara ini digelar oleh digital agency Ideoworks bersama venture capital Ideosource.

Diharapkan kegiatan tersebut bisa mempertemukan para pelaku e-commerce Indonesia, terutama startup, secara offline. Mereka bisa saling berbagi pengetahuan dan menggali peluang bisnis lebih besar.

Kegiatan ini juga diharapkan jadi ajang bagi para merchant dan konsumen online untuk berinteraksi secara offline.

Andi S. Boediman, Chairman ShopFair, mengatakan kegiatan belanja dengan memanfaatkan internet di Indonesia akan terus tumbuh secara eksponensial. "Pengguna internet di Indonesia saat ini adalah 40-50 juta orang dan dalam waktu 2 tahun jumlahnya akan bertambah sebesar 80 juta," tuturnya.

Andi mengatakan, saat ini sekitar 6 persen dari populasi pengguna internet di Indonesia gemar melakukan belanja online. "Nilai belanja e-commerce ini nilainya mencapai USD 290 juta," kata Andi.

Beberapa narasumber direncanakan akan hadir dalam kegiatan tersebu. Diharapkan, para tokoh ini bisa memberi inspirasi dan berbagi pengetahuan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa narasumber tersebut adalah: Erika Oktora (South East Asia SMB Sales Manager Google.com), Denny Abidin (Head of Mobile Commerce Division Telkomsel), Tommy Wijaya (SVP Marketing XL Axiata), Hendrik Tio (Founder of Bhinneka.com), William Tanuwijaya (Founder of Tokopedia), Hanifah Ambadar (CEO of femaledaily.com), Diana Rikasari (Fashion Blogger dan Owner UP Online Shop), Rosihan (Owner of saqina.com) dan Badroni Yuzirman (Founder of TDA Community).

Kegiatan ini juga memiliki sisi internasional yang diharapkan bisa menghadirkan pelaku industri dari luar negeri dengan pebisnis lokal. Program bagi delegasi internasional ini mencakup kunjungan ke Kaskus.co.id, Gramedia.com dan BliBli.com.

Nah, bagi mereka yang gemar belanja, tersedia arena pameran yang menampilkan berbagai produk. Khusus pengguna Telkomsel, bisa menukarkan poin untuk penawaran khusus di arena pameran itu.

Informasi lebih lanjut mengenai ShopFair dapat dilihat di shopfair.net serta halaman YouTube ShopFairID.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.