Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan, 'Malware' Pertama di Toko Aplikasi Apple

Kompas.com - 06/07/2012, 16:31 WIB

KOMPAS.com - Apple selama ini terkenal ketat menjaga keamanan aplikasi-aplikasi yang ada di toko aplikasi App Store. Namun, kali ini nampaknya Apple kecolongan. Ada sebuah program jahat berjenis trojan horse (kuda troya) berhasil menyusup ke App Store.

Pada Kamis (5/7/2012), perusahaan pembuat antivirus Kaspersky menemukan trojan horse yang terkandung dalam aplikasi bernama Find and Call, yang telah dirilis di App Store. Kaspersky langsung mengumumkannya lewat akun Twitter dan blog.

Setelah meng-install Find and Call, aplikasi ini akan meminta Anda mendaftarkan nomor telepon dan alamat email. Ia juga menawarkan apakah Anda ingin mencari teman di phone book.

Jika Anda menyetujui, maka aplikasi akan mengunggah dan mengirim pesan SMS ke nomor kontak teman yang telah Anda pilih di phone book. SMS tersebut berasal dari nomor telepon Anda dan berisi link unduhan aplikasi Find and Call. Besar kemungkinan teman Anda akan mengklik link tersebut dan bisa jadi tergoda untuk meng-install-nya.

Pihak Apple akhirnya menghapus Find and Call dari App Store. "Kami telah menghapus Find and Call karena ia mengakses phonebook pengguna, hal ini melanggar pedoman App Store," kata juru bicara Apple kepada Macworld.

Selain di App Store, Find and Call juga telah dihapus di toko aplikasi khusus Android, Google Play.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com