Kompas.com - 06/07/2012, 16:31 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Apple selama ini terkenal ketat menjaga keamanan aplikasi-aplikasi yang ada di toko aplikasi App Store. Namun, kali ini nampaknya Apple kecolongan. Ada sebuah program jahat berjenis trojan horse (kuda troya) berhasil menyusup ke App Store.

Pada Kamis (5/7/2012), perusahaan pembuat antivirus Kaspersky menemukan trojan horse yang terkandung dalam aplikasi bernama Find and Call, yang telah dirilis di App Store. Kaspersky langsung mengumumkannya lewat akun Twitter dan blog.

Setelah meng-install Find and Call, aplikasi ini akan meminta Anda mendaftarkan nomor telepon dan alamat email. Ia juga menawarkan apakah Anda ingin mencari teman di phone book.

Jika Anda menyetujui, maka aplikasi akan mengunggah dan mengirim pesan SMS ke nomor kontak teman yang telah Anda pilih di phone book. SMS tersebut berasal dari nomor telepon Anda dan berisi link unduhan aplikasi Find and Call. Besar kemungkinan teman Anda akan mengklik link tersebut dan bisa jadi tergoda untuk meng-install-nya.

Pihak Apple akhirnya menghapus Find and Call dari App Store. "Kami telah menghapus Find and Call karena ia mengakses phonebook pengguna, hal ini melanggar pedoman App Store," kata juru bicara Apple kepada Macworld.

Selain di App Store, Find and Call juga telah dihapus di toko aplikasi khusus Android, Google Play.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.