Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Biaya Produksi Tablet Google Nexus 7?

Kompas.com - 10/07/2012, 07:29 WIB

KOMPAS.com — Ketika Google mengumumkan bahwa tablet Google Nexus 7 dibanderol dengan harga 199 dollar AS untuk model memori internal 8GB, banyak pihak yang menyebut Google hanya mengambil untung sedikit. Namun, Google masih bisa meraih untung lebih banyak dari Google Nexus 7 model 16GB.

Menurut situs teknologi Android Authority, yang fokus mengikuti perkembangan Android, biaya produksi Google Nexus 7 model 8GB adalah 184 dollar AS atau sekitar Rp 1.656.000. Google memang tak mengambil banyak untung dari model 8GB, apalagi biaya ini belum termasuk biaya pemasaran, pengiriman, penelitian dan pengembangan, serta manufaktur.

Lalu, bagaimana dengan Google Nexus 7 model 16GB?

Model 16GB tentu menjadi incaran banyak orang karena Google Nexus 7 tidak menyediakan slot memori eksternal MicroSD. Pada model inilah Google mengambil untung yang lebih banyak.

Android Authority memprediksi, biaya produksi termurah menambahkan memori internal 8GB adalah 8 dollar AS. Jadi, biaya produksi Google Nexus 7 model 16GB berkisar 192 dollar AS atau Rp 1.728.000, sementara Google akan membanderolnya dengan harga 249 dollar AS (Rp 2.349.000).

Harga komponen hardware akan lebih murah dari waktu ke waktu, meskipun terbilang generasi baru yang punya performa lebih cepat. Sebab, biaya pengembangan hardware baru tidak semahal biaya penelitian untuk menciptakan sebuah hardware. Ditambah lagi ketatnya persaingan antarsesama produsen hardware.

Google Nexus 7 dibuat oleh Asus. Ini adalah tablet 7 inci perdana dengan prosesor quad-core, menggunakan Tegra 3 dari Nvidia. Dapur pacu lainnya, ada unit prosesor grafis GeForce 12-core, RAM 1GB, layar 7 inci IPS beresolusi 1280x800 pixel, dan baterai berkapasitas 4325mAh yang diklaim memiliki daya tahan baterai 9 jam ketika digunakan untuk memainkan video.

Tablet ini telah mendukung fitur Near Field Communication (NFC). Sayangnya, tak ada kamera belakang, hanya ada kamera depan 1,2MP dan hanya tersedia model Wi-Fi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com