Kompas.com - 10/07/2012, 11:08 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga ponsel Nokia seri Asha terbaru yang dirilis hari Senin (9/7/2012) kemarin mengusung antarmuka full-touchscreen, di mana navigasi sepenuhnya mengandalkan gerakan jari dari pengguna. Salah satunya adalah Asha 305 yang dibanderol seharga 850 ribu rupiah.

Ponsel entry-level yang memiliki kapabilitas "easy swap dual-sim" ini menggunakan sistem operasi berbasis Series 40 Asha OS. Sasarannya, menurut Presiden Direktur Nokia Indonesia Martin Chirotarrab, adalah segmen "pengguna muda yang mencari ponsel 'best value' tetapi memiliki bentuk fisik menarik."

Meski dibanderol dengan harga murah, lanjut Martin, Asha 305 beserta Asha 306 dan 311 memiliki fungsionalitas mirip smartphone sehingga disebut sebagai "smartphone light", bukan feature phone. Dari ketiga model ini, hanya Asha 311 yang memiliki konektivitas 3,5G. Asha 305 dan 306 memiliki konektivitas jaringan 2G (EDGE).

Asha 305 memiliki layar resistive touchscreen berukuran 3 inci, kamera 2 megapixel, dan memiliki dua slot SIM card yang terletak di sisi samping sehingga mudah diakses. Saudaranya, Asha 306, tidak memiliki dua slot SIM card tetapi dibekali dengan konektivitas WiFi.

Sementara Asha 311 adalah seri model lebih tinggi dengan prosesor 1 GHz, kamera 3.2 megapixel, dan layar 3 inci capacitive touchscreen yang dilapisi Corning Gorilla Glass.

Asha 305 sudah mulai dijual di Nokia retail store, sementara Asha 306 dan 311 disebut akan tersedia bulan ini.

Untuk membantu pengguna Asha agar dapat lancar browsing di Internet, Nokia menerapkan Nokia Browser 2.1 dengan teknologi proxy data compression dan cloud acceleration yang diklaim dapat memberikan kecepatan 3x lebih tinggi dibanding browser mobile lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.