Kompas.com - 10/07/2012, 18:20 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Nokia telah berjanji untuk menggunakan teknologi PureView pada smartphone keluarga Lumia yang berjalan dengan sistem operasi Windows Phone. Janji tersebut akan segera direalisasikan oleh Nokia.

Hal ini diungkapkan Vice President of Worldwide Developer Relations Nokia, Richard Kerris, kepada situs teknologi Neowin, pada Senin (9/7/2012).

Teknologi PureView saat ini digunakan pada ponsel Nokia 808 PureView yang berjalan dengan sistem operasi Symbian. Ponsel ini memiliki sensor kamera 41MP.

PureView menggunakan teknologi oversampling pixel, sebuah metode pengelompokkan pixel-pixel kecil yang digabungkan untuk membentuk super-pixel tunggal. Nokia mengklaim, teknologi ini mampu menangkap gambar jauh lebih bersih walau berada di ruangan bercahaya rendah.

Ukuran file foto dari kamera berteknologi PureView tidaklah besar. Pihak Nokia menyatakan, PureView membuat ukuran file foto setara dengan 5MP. Jadi, tak perlu khawatir foto-foto tersebut bakal membuat penuh media penyimpanan data di ponsel.

Selain PureView, Nokia juga akan menyematkan beberapa inovasi di ponsel terbaru yang membedakan produknya dengan produk kompetitor. Contohnya, membuat layar ponsel yang bisa dilipat, dan di sekitar layar itu diberi penutup sehingga benar-benar terlihat seperti kamera.

Nokia juga mengembangkan fitur yang membuat ponsel sadar sedang berada di mana dan dipegang oleh siapa. Ketika Anda berada di rumah dan tak ingin diganggu oleh aktivitas kantor, ponsel mampu menyembunyikan email bisnis yang masuk. Atau, ketika ponsel Anda dipegang oleh anak kecil, ponsel dapat mendeteksi ukuran tangan sehingga email dan aplikasi penting lain bisa terkunci secara otomatis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.