Kompas.com - 11/07/2012, 08:42 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Penulis: Tim Shopfair*

Persaingan bisnis dewasa ini semakin ketat, berbagai cara promosi dilakukan agar dapat memasarkan produk atau jasa ke masyarakat.

Di masa yang serba teknologi seperti sekarang ini, inovasi yang harus dilakukan untuk mempertahankan atau bahkan memenangkan persaingan usaha tak hanya membuka berbagai cabang toko, tetapi juga membuka toko online.

Dunia online berjalan 24 jam dalam sehari, begitu juga dengan toko online yang Anda miliki. Untuk itu, Anda harus siap melayani pembeli 24 jam, hal tersebut berarti Anda harus memiliki channel yang dapat digunakan oleh pembeli untuk menghubungi Anda kapan saja.

Membuka toko online tidak memerlukan modal besar seperti membuka toko cabang baru secara konvensional. Banyak pelaku bisnis yang membuka toko online dengan domain gratis seperti blog atau bahkan menggunakan social media seperti Facebook dan Twitter.

Operasional toko online pun terbilang mudah, tidak seperti toko offline yang membutuhkan beberapa karyawan untuk mengurusi toko dan melayani konsumen.

Dengan toko online, hanya dibutuhkan satu pengelola yang mengerti dunia online dan dapat melayani konsumen. Sebab, semua dilakukan dengan sangat mudah, pemesanan dapat dilakukan melalui e-mail, SMS, atau fitur pemesanan pada web toko online, sedangkan pembayaran dapat dilakukan melalui transfer maupun virtual account seperti PayPal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mengetahui berbagai keuntungan berbisnis dengan toko online, ikuti berbagai seminar mengenai berbisnis online seperti yang akan diadakan di Shop Fair pada 13-14 Juli yang bertempat di Epiwalk, Kuningan, Jakarta, dengan menghadirkan berbagai narasumber yang berpengalaman di bisnis online.

* Shop Fair 2012 digelar di Epiwalk, Kuningan, Jakarta, pada 13-14 Juli 2012

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.