Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu Grafis "Radeon" Terkencang AMD Siap Dirilis

Kompas.com - 12/07/2012, 09:17 WIB

KOMPAS.com - Dikenal dengan kode nama "New Zealand", Radeon HD 7990 menduduki peringkat tertinggi dalam hierarki kartu grafis Radeon bikinan AMD. Artinya, Radeon HD 7990 bakal menjadi kartu grafis terkuat yang dimiliki oleh produsen prosesor dan unit pemroses grafis (GPU) ini.

Situs teknologi VR-Zone mengabarkan bahwa AMD sedang mempersiapkan kemunculan Radeon HD 7990 yang disinyalir akan terjadi pada pertengahan kedua bulan Juli. Harganya masih belum diketahui, tetapi diperkirakan berada di atas angka 800 dollar AS atau Rp 7,5 juta.

Radeon HD 7990 dimotori oleh dua chip GPU "Tahiti XT" yang juga digunakan pada produk Radeon HD 7970. Masing-masing chip GPU ini memiliki stream processor sebanyak 2048 buah sehingga Radeon 7990 akan memiliki jumlah total stream processor sebesar 4096 buah.

Sebelumnya, AMD telah merilis produk Radeon "HD 7970 GHz Edition" yang diklaim sebagai kartu grafis single-GPU tercepat di dunia.

Kedua chip GPU "Tahiti XT" pada Radeon HD 7990 akan dipasangkan dengan memori GDDR5 sebesar 6 GB. Varian khusus dari kartu grafis ini disebutkan bisa memiliki jumlah memori hingga 12 GB. Jumlah memori sebesar itu ditujukan untuk pengunaan multi-monitor gaming (eyefinity) di mana komputer  menjalankan game pada 3 atau 6 monitor sekaligus.

Pesaing Radeon HD 7990 adalah kartu grafis seri GeForce GTX 690 dari NVIDIA yang juga dipersenjatai dengan dua buah GPU dalam satu papan PCB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com