Kompas.com - 12/07/2012, 09:17 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Dikenal dengan kode nama "New Zealand", Radeon HD 7990 menduduki peringkat tertinggi dalam hierarki kartu grafis Radeon bikinan AMD. Artinya, Radeon HD 7990 bakal menjadi kartu grafis terkuat yang dimiliki oleh produsen prosesor dan unit pemroses grafis (GPU) ini.

Situs teknologi VR-Zone mengabarkan bahwa AMD sedang mempersiapkan kemunculan Radeon HD 7990 yang disinyalir akan terjadi pada pertengahan kedua bulan Juli. Harganya masih belum diketahui, tetapi diperkirakan berada di atas angka 800 dollar AS atau Rp 7,5 juta.

Radeon HD 7990 dimotori oleh dua chip GPU "Tahiti XT" yang juga digunakan pada produk Radeon HD 7970. Masing-masing chip GPU ini memiliki stream processor sebanyak 2048 buah sehingga Radeon 7990 akan memiliki jumlah total stream processor sebesar 4096 buah.

Sebelumnya, AMD telah merilis produk Radeon "HD 7970 GHz Edition" yang diklaim sebagai kartu grafis single-GPU tercepat di dunia.

Kedua chip GPU "Tahiti XT" pada Radeon HD 7990 akan dipasangkan dengan memori GDDR5 sebesar 6 GB. Varian khusus dari kartu grafis ini disebutkan bisa memiliki jumlah memori hingga 12 GB. Jumlah memori sebesar itu ditujukan untuk pengunaan multi-monitor gaming (eyefinity) di mana komputer  menjalankan game pada 3 atau 6 monitor sekaligus.

Pesaing Radeon HD 7990 adalah kartu grafis seri GeForce GTX 690 dari NVIDIA yang juga dipersenjatai dengan dua buah GPU dalam satu papan PCB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.