Galaxy Tab Terbukti Tidak Mencontek iPad

Kompas.com - 12/07/2012, 09:39 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Samsung Electronics akhirnya bisa sedikit lebih tenang, setelah berhasil menang di pengadilan terkait tuntutan Apple terhadap Galaxy Tab. Samsung berhasil mengalahkan Apple karena desain Galaxy Tab tidak terbukti mirip dengan iPad.

Hakim Pengadilan Tinggi Inggris Colin Birss menjelaskan, desain Samsung Galaxy Tab mirip dengan Apple iPad jika dilihat dari depan. Namun, detailnya berbeda bila dilihat dari belakang.

"Kedua produk itu tidak memiliki desain yang sama. Galaxy Tab tidak memiliki simplisitas ekstrem dibanding desain iPad. Galaxy Tab juga tidak sekeren iPad. Kesan keseluruhan yang dihasilkan berbeda," kata Birss.

Pihak Samsung pun menghormati putusan Pengadilan Tinggi Inggris. Meski dikatakan tidak sebagus iPad, Samsung pun bisa membuktikan bahwa produknya merupakan hak kekayaan intelektual mereka.

"Jika Apple terus melakukan tuntutan hukum yang berlebih di negara lain, khususnya tentang desain generik, maka akan membahayakan inovasi dalam industri. Selain itu, pilihan konsumen juga akan terbatas," kata Samsung dalam pernyataannya.

Kemenangan Samsung terhadap Apple ini muncul beberapa hari setelah Pengadilan AS resmi mengabulkan gugatan Apple untuk melarang penjualan Samsung Galaxy Nexus, meski saat ini Galaxy Nexus pun sudah mulai bisa dijual kembali di Google Play Store.

Kedua perusahaan ini juga terus bersengketa hak paten, khususnya di 10 negara di dunia. Ini membuktikan bahwa memang ada persaingan di pasar perangkat mobile.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sekadar catatan, kisruh perang paten antara Apple dan Samsung ini sudah berjalan lama. Memang pada April lalu, mantan CEO Apple John Sculley pernah menyatakan bahwa hanya Samsung Galaxy Tab yang menjadi saingan terberat Apple iPad.

Namun, dari beberapa sengketa antara iPad dan Galaxy, kedua produk tersebut memang dianggap memiliki desain berbeda. Pengadilan Negeri Duesseldorf, Jerman, mengeluarkan putusan bahwa tablet Samsung Galaxy Tab 10.1N (dengan huruf N di belakangnya) tidak terlihat mirip iPad.

Di Australia, Apple sempat melarang penjualan Galaxy Tab 10.1 sejak Juli 2011. Namun, Samsung melawannya dengan mengeluarkan iklan menggelitik, yang memanfaatkan kisruh dengan Apple. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.