Karyawan Amazon Gasak Ratusan iPod dan Laptop

Kompas.com - 12/07/2012, 15:27 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Hanya dalam waktu satu setengah bulan, toko online Amazon mengalami kerugian senilai 160.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,5 miliar. Kerugian ini disebabkan oleh seorang karyawan berusia 20 tahun.

Todd Anthony Cofield, melakukan aksi itu antara tanggal 20 April sampai 31 Mei 2012 lalu. Ia berhasil mencuri 726 unit pemutar musik digital iPod Touch dan 49 unit komputer jinjing (laptop) merek Hewlett-Packard (HP).

Cofield memanfaatkan posisinya sebagai karyawan yang membongkar muat produk-produk yang masuk ke pusat distribusi Amazon, di wilayah Carolina Utara. Saat proses bongkar muat berlangsung, ia membuat dokumen palsu. Ratusan iPodTouch dan puluhan laptop HP tidak masuk ke gudang, melainkan diarahkan ke tempat lain.

FedEx Freight dan petugas keamanan Amazon kemudian melaporkan produk-produk yang dicuri tersebut kepada polisi. Cofield kemudian menyerahkan dirinya, dan menyerahkan uang jaminan 50 dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.