Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yahoo Voices Bobol, Ada Ratusan Korban dari Indonesia

Kompas.com - 13/07/2012, 07:13 WIB

KOMPAS.com — Setidaknya 400-an akun asal Indonesia ikut menjadi korban bobolnya Yahoo Voices. Hal itu diungkapkan oleh Alfons Tanujaya, analis antivirus Vaksincom.

"Menurut pantauan Vaksincom, lebih dari 475 akun Yahoo Voices berasal dari Indonesia dan informasi kredensial ini dipaparkan dengan jelas di internet," tuturnya.

Alfons mengatakan, dari 475 akun yang diduga berasal dari Indonesia, sebanyak 405-nya adalah akun dengan akhiran yahoo.co.id.

Sedangkan sisanya, Alfons menyebutkan, adalah akun e-mail yang terdaftar di beberapa penyelenggara jasa internet lokal, termasuk CBN, Telkom.net, Plasa, Centrin, Indosat, dan Radnet.

Alfons mengatakan, kasus ini murni kesalahan dari pengelola Yahoo Voices. Pengguna yang rajin ganti password sebelum kejadian ini pun tetap terkena risiko.

Selain itu, ia mengatakan, kasus ini menggarisbawahi risiko dari sistem "satu akun untuk semua". Bayangkan jika akun Yahoo Voices yang bobol juga bisa dipakai untuk Yahoo Mail, Messenger, dan lainnya.

Alfons menyarankan agar pengguna memiliki e-mail cadangan yang bisa digunakan untuk reset password. "Kalau bisa penyedia e-mail cadangan tersebut memiliki domisili di Indonesia," ujarnya.

Perlu ditegaskan bahwa yang terkena dampak adalah pengguna layanan Yahoo Voices, yaitu semacam jaringan kontributor Yahoo. Ini berbeda dengan Yahoo Voice yang merupakan layanan komunikasi via internet ala Skype.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com