Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
MAGELANG

Karaoke Boleh Buka 3 Jam Selama Puasa

Kompas.com - 13/07/2012, 13:56 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Selama Ramadhan, tempat-tempat hiburan di Magelang boleh buka, asal selama tiga jam. Kebijakan itu sesuai dengan sesuai surat imbauan Pemerintah Kota Magelang melalui Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Nomor 556/641/291 tanggal 12 Juli 2012.

"Selama Ramadhan tempat karaoke buka mulai pukul 21.00 sampai dengan 24.00 WIB," terang Kepala Bagian Humas Protokol dan Santel Sekretariat Daerah Kota Magelang, Drs Bambang Suprawata, Jumat (13/7/2012).

Menurutnya, surat imbauan pembatasan jam operasional tempat hiburan ini sudah diedarkan mulai 12 Juli ke seluruh pimpinan usaha hiburan, hotel, restauran dan rumah makan di Kota Magelang.

"Untuk karaoke memang hanya dibatasi beroperasi selama tiga jam. sedangkan rumah makan, hotel, restauran atau usaha lain yang bersifat hiburan, dalam menjalankan usahanya diminta menyesuaikan waktu, dan menghormati umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa," katanya.

Dalam surat imbauan tersebut, seluruh tempat usaha hiburan dan hotel juga diminta untuk meningkatkan pengawasan dan pencegahan terhadap kegiatan perjudian, prostitusi dan peredaran narkotika serta obat-obatan terlarang (narkoba). Lebih lanjut, para pelaku usaha hiburan juga diimbau untuk mengatur dan membina karyawannya dengan tetap memperhatikan kebutuhan yang bersangkutan.

Selain itu, dalam menciptakan suasana kondusif menjelang dan selama bulan Ramadhan, pemkot juga akan menggelar razia penyakit masyarakat (pekat). Sasarannya antara lain para pekerja seks komersial, pengemis, gelandangan dan orang telantar. Operasi ini akan melibatkan beberapa instansi, antara lain Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos), Kepolisian Resor (Polres) Kota Magelang, Satuan Polisi Pamongpraja (Satpol PP), Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) serta Dinas Kesehatan Kota Magelang. "Operasi akan dilakukan dua kali sebelum masuk bulan suci Ramadhan," pungkas Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com